Blog yang berisikan materi belajar online sejarah.

Memahami Arti Sejarah Secara Umum dan Etimologi.

Memahami Arti Sejarah Secara Umum dan Etimologi
memahami arti sejarah secara umum dan etimologis

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita menemui kata sejarah digunakan untuk berbagai tujuan seperti slogan dari presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno sebagai contohnya "Jangan Sekali-kali melupakan sejarah", namun seringkali juga kita tidak memahami apa maksud dan fungsi kata sejarah. Oleh karena itu materi pada artikel sederhana ini akan mengajak sobat untuk belajar tentang arti sejarah secara umum dan asal-usul kata sejarah.   


Arti Sejarah Secara Umum


Maksud umum di sini adalah pengertian yang dapat diterima dan digunakan oleh masyarakat, meskipun sesungguhnya arti sejarah itu sangatlah luas dan setiap orang mempunyai pendapatnya masing-masing.

Untuk mendapatkan arti sejarah secara umum maka kita membutuhkan referensi yang sifatnya umum juga yaitu kamus dan pedoman Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional).

Menurut dictionary.com, history atau sejarah sekurang-kurangnya memiliki tujuh arti sebagai berikut :
  1. the branch of knowledge dealing with past events.
  2. a continuous, systematic narrative of past events as relating to a particular people, country, period, person, etc., usually written as a chronological account; chronicle: a history of France; a medical history of the patient.
  3. the aggregate of past events. 
  4. the record of past events and times, especially in connection with the human race.
  5. a past notable for its important, unusual, or interesting events.
  6. acts, ideas, or events that will or can shape the course of the future; immediate but significant happenings.
  7. a systematic account of any set of natural phenomena without particular reference to time:
Sedangkan menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadarminta, sejarah mempunyai arti :
  1. Kesusteraan lama: silsilah; asal-usul
  2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar telah terjadi pada masa lampau;
  3. Ilmu pengetahuan, cerita, pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar telah terjadi pada masa yang lampau; riwayat
Depdiknas (2003:1) memberikan pengertian sejarah sebagai mata pelajaran yang menanamkan pengetahuan dan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia dari masa lampau hingga kini.

Arti Sejarah Secara Etimologis


Etimologis adalah asal-usul kata. Etimologis juga  dipahami sebagai cabang ilmu bahasa yang menyelidiki asal-usul kata serta perubahan dalam bentuk dan makna. Fungsi etimologis adalah menjelasakan arti sebuah kata berdasarkan asal-usul kata tersebut,

Menurut William H. Frederick, secara etimologi kata 'sejarah' diserap dari bahasa arab yaitu 'syajaratun' yang berarti pohon kayu.  Pengertian 'Pohon Kayu' di sini adalah adanya suatu kejadian, perkembangan/pertumbuhan tentang sesuatu hal (peristiwa) dalam suatu kesinambungan (kontinuitas). Penggunaan kata “pohon” menunjukkan atau mengibaratkan sejarah sebagai sebuah pohon yang terus tumbuh dan berkembang layaknya sebuah silsilah keluarga atau dinasti tertentu.

Kata 'Syajaratun' kemudian diadaptasi dan berkembang dalam bahasa melayu menjadi kata 'syajarah' dan dalam perkembangan bahasa Indonesia kemudian menjadi 'sejarah'. Di dalam bahasa daerah yang ada di Indonesia juga memiliki arti yang sama dengan sejarah yaitu Babad (Jawa), Tambo (Minang), dan Tutui Teteek (Rote).

Pohon Sejarah Amerika Serikat (Sumber : learniseasy.com)

Menurut Helius Sjamsuddin, ada hubungan antara kata 'syajarah' dan 'sejarah'. Seseorang yang mempelajari sejarah tertentu berkaitan dengan  dengan cerita, silsilah, riwayat, dan asal-usul tentang seseorang atau kejadian.

Selain itu ada pula yang menganggap bahwa arti 'syajarah' tidak sama dengan arti kata sejarah. Mereka beranggapan bahwa arti sejarah tidak sekedar asal-usul atau silsilah seseorang atau kejadian.

Menurut R. Moh. Ali, makna kata sejarah dalam bahasa Indonesia adalah sama dengan history (Inggris), geschicte (Jerman), atau geschiedenis (Belanda). Sama berarti kurang lebih sama, sebab jumlah definisi yang memberikan arti kepada kata sejarah, history, dan sebagainya itu banyak sekali. Menurut kamus-kamus kata-kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut :
  • History : contiunuos methodical record of public events; study of growth nations; whole train of events connected with nation, person, thing, etc
  • Geschichte : Vergangengheit; Entwicklung, Werdegang; Erforschung der Vergangenheit. 
  • Geschidenis : voorval, gebeurtenis; verhaal van hetgeen gebeurd is; vak van wetenschap
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita pahami bahwa arti kata sejarah secara etimologi lebih dekat dengan 'syajaratun' namun secara maknanya lebih mengarah pada kata 'history', bersumber dari kata 'historia' (bahasa Yunani Kuno), yang berarti cerita atau kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Demikianlah materi sejarah sederhana tentang memahami arti sejarah secara umum dan etimologi yang dapat saya bagikan kepada sobat. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam Historia.

Referensi :

R. Moh. Ali. 2012. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: PT. LKIS Printing Cemerlang
https://baehaqiarif.files.wordpress.com/2009/12/sejarah.pdf
http://www.kamucatat.com/2016/03/mengenal-sejarah.html
Labels: ilmusejarah

Thanks for reading Memahami Arti Sejarah Secara Umum dan Etimologi.. Please share...!

0 Comment for "Memahami Arti Sejarah Secara Umum dan Etimologi."

Back To Top