Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan SMA Paket 1 Kurtilas Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Hallo sobat sejarah, apakah kalian sedang mempersiapkan diri untuk USBN jenjang SMA tahun 2022? Jika benar, maka kalian berada di tempat yang tepat, karena dalam postingan kali ini saya akan berbagi latihan soal USBN sejarah peminatan SMA paket 1 Kurtilas tahun 2022 beserta kunci jawabannya. Semoga dapat mengasah wawasan dan pemahaman kalian tentang materi sejarah peminatan. Selamat mengerjakan! 

Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan 2022 Paket 1

SOAL PILIHAN GANDA (LATIHAN SOAL USBN SEJARAH PEMINATAN 2022)

01. Kebudayaan Sampung Ponorogo dan kebudayaan Kapak Sumatra merupakan kebudayaan zaman Mesolithikum. Ras Papua Melanisoid menjadi pendukung kedua kebudayaan itu. Bedanya, sistem mata pencahariannya. Di Sampung, berburu dan meramu makanan, sedang di daerah Langsa Aceh (Sumatra) hidup di tepi pantai mencari ikan dan kerang.

Paragraf di atas menunjukkan bahwa perbedaan kehidupan manusia purba di kedua daerah tersebut dipengaruhi oleh faktor ...

A. ruang atau tempat

B. waktu atau zaman

C. manusia pendukung

D. kebudayaan

E. mata pencaharian


02. Dalam penulisan sejarah, sejarawan harus mampu menyatukan perasaan dengan obyek yang ditelitinya, sehingga dapat menghadirkan peristiwa sejarah, dan seolah-olah mengalami sendiri peristiwa itu. Penulisan sejarah sebagai seni di atas, sejarawan dituntut memiliki keterampilan yaitu ....

A. intuisi

B. imajinasi

C. empati

D. fantasi

E. gaya bahasa


03. Konsep waktu dalam mempelajari peristiwa sejarah sangat penting, tidak hanya untuk masa kini, tetapi juga untuk kepentingan masa mendatang karena....

A. konsep waktu terdiri atas masa lalu, masa kini, dan masa depan

B. menunjukkan perubahan dan perkembangan dalam setiap waktu

C. digunakan untuk meramalkan peristiwa di masa mendatang

D. tidak ada hubungan masa lalu dengan masa yang akan datang 

E. masa lalu kurang memberikan mafaat untuk masa sekarang 


04. Perhatikan pernyataan berikut ini !

(1) keterangan yang diperoleh dari tangan pertama sebagai pelaku sejarah.

(2) di dalamnya tercermin kondisi sosial budaya masyarakat pada zamannya,

(3) di dalamnya tercermin nilai-nilai sosial budaya masyarakat pada zamannya.

(4) biasanya dirinya diperankan menjadi tokoh penting sehingga kurang obyektif

(5) ditulis untuk  tujuan tertentu sehingga kadar subyektifitasnya cukup tinggi.

Dari pernyataan-pernyataan tersebut diatas, yang merupakan kelebihan-kelebihan dari otobiografi sebagai sumber sejarah adalah ...

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4) 

C. (1), (3), dan (5) 

D. (2), (3), dan (4) 

E. (3), (4), dan (5)


05. Dalam penulisan sejarah, terdapat tahapan-tahapan penelitian sejarah yang harus dilakukan oleh seorang penulis sejarah. Rahman ingin menulis sejarah tentang Sumpah Pemuda. Ia pergi ke perpustakaan untuk mengumpulkan sumber-sumber sejarah yang diperlukan, maka Rahman sedang melakukan tahap ... .         

A. Verifikasi

B. Interpretasi

C. Historiografi

D. Intuisi

E. Heuristik


06. Tahap verifikasi dalam penelitian sejarah merupakan tahap untuk mengkritisi sumber-sumber sejarah yang berhasil dikumpulkan. Verifikasi terdiri-dari dua cara yaitu kritik intern dan kritik ekstern. Dalam kritik intern terhadap peninggalan sejarah, maka yang dilakukan adalah mengkritisi yang berkaitan dengan ....   

A. ketuaan suatu peninggalan sejarah

B. keaslian suatu dokumen/prasasti

C. isi dari suatu dokumen/prasasti 

D. usia dari suatu peninggalan sejarah 

E. ketepatan dalam menggunakan sumber 


07. Pengklasifikasian sumber sejarah dapat dilihat dari beberapa hal. Dilihat dari urutan penyampaiannya, sumber sejarah dapat dibedakan atas sumber primer, sumber sekunder, dan sumber tertier. Berikut ini yang termasuk sumber primer adalah ... . 

A. karya sejarah yang ditulis sejarawan 

B. hasil wawancara dengan pelaku sejarah 

C. karya sejarah yang ditulis sejarawan asing 

D. buku paket yang digunakan siswa di sekolah 

E. peninggalan berupa prasasti tiruan (tinulat) 


08. Sejarah sebagai seni mengacu pada cara penulisan sejarah yang dilakukan oleh sejarawan sama dengan seorang sastrawan dalam menghasilkan karyanya. Keduanya dipengaruhi oleh faktor ilham, imajinasi, perasaan dan gaya bahasa.  Namun demikian seorang sejarawan tidak sebebas sastrawan dalam menggunakan faktor tersebut karena dalam upaya mengedepankan obyektifitas, seorang sejarawan dalam menghasilkan karyanya  mengacu pada...

A. pandangan pribadi yang digunakan sejarawan

B. kebenaran yang dipesan pemerintah yang berkuasa

C. pandangan politik yang diyakini sejarawan tersebut

D. ketepatan dalam menggunakan data dan fakta sejarah

E. keseimbangan daya khayal dengan sumber sejarah


09. Pada awalnya kehidupan manusia purba terbentuk kelompok-kelompok kecil yang memudahkan untuk berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka hidup di alam terbuka dan mendekati sumber air atau sungai. Pola hunian manusia purba yang bersifat nomaden tersebut disebabkan oleh....

A. menghindari serbuan binatang buas 

B. sering terjadi peperangan antar kelompok

C. keinginan memperluas daerah buruan

D. ketergantungan kehidupan pada alam 

E. keadaan alam yang masih belum stabil


10. Pengetahuan manusia pada zaman perundagian (zaman logam) dalam berbagai bidang meningkat pesat. Mereka telah menguasai pelayaran dan perdagangan. Mereka menciptakan perahu-perahu bercadik atau perahu bersayap, hingga mampu menjelajah seluruh perairan Austronesia. Pemasangan cadik dalam perahu-perahu tersebut difungsikan untuk ....

A. menangkap hembusan angin yang dapat mendorong lajunya perahu

B. tiang pengikat tali ketika perahu disandarkan pada benda di tepi pantai

C. mengantisipasi terjadinya benturan agar tidak mengenai badan perahu

D. mempercepat daya jelajah ke daerah perairan yang arusnya deras

E. menjaga keseimbangan perahu agar perahu tidak mudah terbalik 


11. Penemuan fosil manusia purba di Indonesia sebagian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan Solo, sedangkan di luar negeri banyak di temukan di berbagai negara seperti Cina dan Jerman. Manusia purba yang ditemukan di Indonesia maupun di luar Indonesia tersebut, jika ditinjau dari hasil kebudayaan banyak memiliki kesamaan antara lain yaitu ....

A. menggunakan peralatan dari kayu, tulang dan logam

B. ras manusia modern yang awal penyebarannya dari Afrika

C. sama-sama mengenal kebudayaan kjokken moddinger

D. menggunakan abris sous roche sebagai tempat hunian

E. tempat huniannya di gua dan di daerah tepi pantai


12. Manusia masa kini/modern pada dasarnya merupakan kelanjutan dari manusia purba. Secara fisik yang membedakan manusia purba dengan manusia modern terletak pada ....

A. tingkat volume otaknya

B. tingkat kebudayaannya

C. jumlah kebutuhan hidup

D. kebutuhan pendidikan

E. masalah gotong royong


13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Berada di lokasi yang strategis Selat Malaka

(2) Memiliki armada laut yang tangguh

(3) Belum cukup mempunyai sumber daya alam yang bagus

(4) Mampu menjalin hubungan yang baik dengan negeri tetangga

(5) Tidak ada saingan yang mampu menandingi kejayaan Sriwijaya

Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong kejayaan kerajaan Sriwijaya ditunjukkan nomor.....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


14. Perhatikan gambar candi-candi berikut ini!


Berdasarkan tampilkan gambar di atas, ketiga candi tersebut merupakan hasil kebudayaan dari.....

A. Kerajaan Mataram Kuno.

B. Kerajaan Medang Kamulan.

C. Kerajaan Kediri.

D. Kerajaan Singosari.

E. Kerajaan Majapahit.


15. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Perkawinan.

(2) Peperangan.

(3) Pendidikan.

(4) Perdagangan.

(5) Kesenian.

Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan saluran Islamisasi di nusantara yang paling efektif ditunjukkan oleh nomor.....

A. (1), (2), dan (3).

B. (1), (2), dan (4).

C. (2), (3), dan (4).

D. (2), (4), dan (5).

E. (3), (4), dan (5).


Kerjakan juga : Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia Tahun 2022 Paket 3


16. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Berlokasi di daerah pesisir pantai

(2) Pemimpinnya bergelar Sultan.

(3) Hasil kebudayaan berupa Babad dan Makam.

(4) Berada di daerah pedalaman.

(5) Menganut sistem sosial kasta.

Berdasarkan pernyataan di atas yang menunjukkan ciri-ciri dari kerajaan bercorak Islam di Indonesia secara umum ditunjukkan dengan nomor....

A. (1), (2), dan (3).

B. (1), (2), dan (4).

C. (2), (3), dan (4).

D. (2), (4), dan (5).

E. (3), (4), dan (5).


17. Masuknya budaya India ke Indonesia berjalan secara damai sehingga mampu memperkaya budaya bangsa kita, serta berpengaruh di berbagai bidang kehidupan masyarakat kita. Salah satu contoh pengaruh tersebut di bidang politik adalah .... 

A. munculnya tradisi tulisan, seni patung,  dan seni sastra

B. berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu Buddha

C. muncul dan berkembangnya sistem pemerintahan kerajaan 

D. berkembangnya sistem perdagangan dan pelayaran

E. munculnya stratifikasi dalam kehidupan masyarakat 


18. Pada zaman awal perkembangan Islam banyak kita temukan makam tokoh pemerintahan atau tokoh agama Islam di bangun di tempat-tempat perbukitan. Pemilihan tempat yang “tinggi” untuk tempat pemakamaan tersebut didasari oleh suatu keyakinan yaitu ....

A. tempat yang tinggi adalah tempat yang aman dari banjir

B. sikap patuh dan taat dengan orang yang memberi wasiat

C. percaya adanya konsep tentang tempat yang tinggi adalah tempat yang suci atau baik 

D. adanya perintah untuk memakamkan di tempat perbukitan  

E. melestarian tradisi pemakaman yang dilakukan orang Arab 


19. Harga barang menjadi murah adalah salah satu dampak dari revolusi Industri di Inggris. Munculnya golongan pemilik modal yang menjadi sentral perekonomian di Inggris, telah mengakibatkan terjadinya revolusi sosial dengan tujuan ....

A. memperbaiki taraf hidup para buruh pabrik

B. mengurangi jumlah pengangguran kota

C. meningkatkan kekayaan golongan kapitalis

D. meningkatakan pendapatan per kapita negara

E. memusuhi golongan pemilik modal


20. Semangat kemerdekaan Amerika berpengaruh dan menyebar luas ke Eropa melalui revolusi Perancis, dan masuk ke Indonesia melalui Belanda. Pengaruhnya di Indonesia adalah munculnya organisasi pergerakan nasional antara lain didasari oleh semangat yang tertuang di dalam “pernyataan kemerdekaan Amerika” (Declaration of Independence), yaitu ....

A. semangat untuk melawan segala bentuk penjajahan

B. persatuan sangat penting untuk melawan penjajah

C. setiap bangsa berhak menentukan nasibnya sendiri

D. setiap bangsa berhak untuk hindup berdampingan

E. melawan penjajah dengan kekuatan senjata


21. Perang Dunia I (1914-1918) berawal dari semenanjung Balkan dan melibatkan semua kekuatan besar dunia yang terbagi menjadi dua aliansi yang saling bertentangan. Perang dunia tersebut berpengaruh di berbagai bidang kehidupan. Salah satu contoh pengaruh peristiwa tersebut di bidang politik adalah ....

A. lahirnya organisasi perdamaian PBB

B. tumbang kekuatan penganut naziisme

C. meningkatnya kematian dan kemiskinan 

D. melahirkan adanya perang dingin 

E. lahirnya organisasi perdamaian LBB


22. Sebagai peristiwa sejarah, nasionalisme itu bersifat kontekstual sehingga setiap negara atau zaman berbeda. Bagi negara yang sudah lama merdeka dan kuat, nasionalisme dapat mengarah pada imperialisme. Sedangkan bagi negara yang masih terbelenggu imperialisme,  biasanya nasionalisme bersifat revolusioner (berani melawan penjajah) dan secara tegas memiliki tujuan yaitu ... 

A. bekerja sama untuk memperkokoh imperialisme

B. mencapai kemerdekaan bangsa dan negaranya

C. mendukung terbentuknya negara persemakmuran

D. mendukung terwujudnya keabadian penjajahan 

E. belajar tentang pemerintahan dari negara penjajah 


23. Paham liberalisme merupakan paham yang menghendaki adanya kebebasan individu, sebagai titik tolak dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. Dalam konteks paham ini, penerapannya dalam memandang masalah agama sebagai ...

A. masalah negara yang harus diselesaikan bersama

B. masalah kolektifitas dari suku atau etnis tertentu

C. permasalahan bersama pemerintah dan warga negara

D. kewajiban warga negara untuk mempertahankannya

E. masalah pribadi dan merupakan hak setiap individu


24. Kemenangan Jepang atas Rusia dalam perang 1904-1905 membawa pengaruh yang sangat besar bagi bangsa-bangsa Asia Afrika yang pada saat itu masih dalam belenggu imperialisme. Salah satu contoh pengaruh tersebut adalah ....

A. perlawanan bersenjata melawan kekuatan imperialisme

B. kaum imperialis akan membentuk negara persemakmuran 

C. munculnya kesadaran nasional untuk mencapai kemerdekaan 

D. terciptanya kerja sama kaum penjajah dan kaum terjajah

E. pemantapan kolonisasi kepada bangsa-bangsa Asia-Afrika


25. Jepang berambisi untuk mengalahkan Sekutu dengan memanfaatkan rakyat Indonesia terutama para pemuda. Karena itu Jepang membentuk organisasi-organisasi yang bersifat militer dan semi-militer, seperti Heiho, Peta, Seinendan, Keibodan. Dampak positif dari pembentukan organisasi milter tersebut adalah para pemuda....

A. memberi dukungan penuh perjuangan merebut kemerdekaan 

B. memiliki keterampilan  memberi latihan militer para prajurit jepang

C. mendapat persenjataan sebagai modal mempertahankan kemerdekaan

D. memiliki pengetahuan tentang persenjataan, strategi perang dan inteligen

E. berhasil membantu Jepang dalam memenangkan perang Asia Timur Raya


26. Menyerahnya Jepang di satu sisi merupakan kabar yang menggembirakan, namun di sisi lain menjadi sumber ketegangan baru di tengah-tengah kaum aktivis dan tokoh pergerakan nasional. Sumber ketegangan tersebut berkaitan perbedaan cara pandang golongan pemuda dan golongan tua tentang ....

A. bagaimana proklamasi itu dilakukan

B. cara dan waktu pelaksanaan kemerdekaan 

C. tempat kemerdekaan itu diproklamasikan

D. siapa yang memproklamasikan kemerdekaan

E. alasan dilaksanakanya proklamasi kemerdekaan


27. Setelah terjadi kesepakatan di Rengasdengklok, Sukarno-Hatta dan golongan pemuda bersama-sama menuju Jakarta untuk melakukan rapat koordinasi mempersiapkan rencana pelaksanaan kemerdekaan. Sebelum rapat dimulai, Sukarno dan Hatta menemui Jenderal Nishimura sebagai upaya untuk menjajagi sikap Jepang. Soekarno-Hata mengajukan pertanyaan “bagaimana kalau besuk pagi bangsaku melaksanakan kemerdekaan?”, Jenderal Nishimura menjawab “kami akan tetap mempertahankan status quo”. 

Perhatikan pernyataan berikut terkait dengan bacaan di atas!

(1) Jepang akan membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui Maeda

(2) Jepang akan mengembalikan Indonesia kepada Belanda 

(3) Jepang akan mewujudkan janji kemerdekaan kepada Indonesia

(4) Jepang akan menyerahkan kekuasaan atas Indonesia kepada Sekutu

(5) Jepang tidak merelakan Indonesia melaksanakan proklamasi kemerdekaan

(6) Jepang akan mempertahankan kekuasaannya sampai Sekutu datang.

Berdasarkan pernyataaan tersebut yang merupakan kesimpulan dari sikap Nishimura ditunjukkan pada nomor... .

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (6)

E. (4), (5), dan (6)


28. Setelah melalui perjuangan yang panjang pada akhirnya bangsa Indonesia dapat merebut kemerdekaan. Diawali oleh adanya  peristiwa Rengasdengklok yaitu peristiwa penculikan Soekarno-Hatta ke Rengasdenggklok bangsa Indonesia sepakat melaksanakan proklamasi kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus tahun 1945. Proklamasi kemerdekaan tersebut memiliki makna yang besar bagi bangsa Indonesia yaitu... 

A. bangsa Indonesia bebas menentukan nasibnya sendiri

B. titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia dan telah berakhir

C. suatu tekat menghapus semua tata hukum kolonial di Indonesia

D. bangsa Indonesia sudah  merdeka telah mendapatkan pengakuan dunia

E. pernyataan tekat bangsa Indonesia untuk mengusir semua bangsa asing 


29. Dalam menghadapi kolonial Belanda, strategi perjuangan bangsa pada masa pergerakan nasional berbeda dengan zaman sebelumnya. Salah satu contohnya adalah ....

A. melawan dengan menggunakan senjata

B. mengandalkan pada kaum bangsawan

C. menjalin kerja sama dengan kolonial

D. dengan membentuk organisasi modern 

E. basis kekuatan kaum buruh dan petani


30. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Strategi perang Jepang dimanfaatkan untuk menyerang balik pasukan militer Jepang

(2) Formula kimia temuan Jepang sebagai bahan pembuatan nuklir dimanfaatkan untuk membuat senjata

(3) Pelatihan militer yang diadakan Jepang dijadikan modal untuk berperang untuk meraih kemerdekaan

(4) Peralatan militer dan infastruktur perang Jepang dapat digunakan sebagai modal mempetahankan kemerdekaan

Dampak kebijakan di bidang militer bagi bangsa Indonesia ditunjukkan oleh nomor ...

A. (1) dan (2) 

B. (1) dan (3) 

C. (2 dan  (3)

D. (2) dan (4)

E. (3) dan (4)


Kerjakan juga : Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia Tahun 2022 Paket 2


31. Perhatikan gambar dan Pernyatan berikut


1) Dilaksanakan di lapangan Ikatan Atlit Djakarta

2) Kegiatan tersebut merupakan pertemuan langsung antara rakyat Indonesia dengan pemerintahnya

3) Kegiatan  tersebut merupakan manifestasi kewibawaan pemerintah RI terhadap rakyatnya

4) Dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 1945

Kegiatan tersebut adalah peristiwa.....

A. suasana pembacaan Naskah Proklamasi

B. rapat raksasa di Lapangan Ikada

C. Agresi Militer Belanda II di Jogja

D. pelantikan Bung Karno  sebagai Presiden

E. persiapan Pertempuran 10 november 45


32. Perhatikan pernyataan berikut ini !

(1) Sebagai donatur utama ASEAN

(2) Sebagai tempat terbentuknya ASEAN

(3) Salah satu penggagas berdirinya ASEAN 

(4) Mediasi konflik Kamboja dan Vietnam

(5) Penyelenggara KTT Pertama ASEAN 

Dari pernyataan tersebut yang merupakan peran Indonesia dalam ASEAN adalah ....

A. (1), (2), dan (3).

B. (1), (2), dan (4).

C. (2), (3), dan (4).

D. (2), (4), dan (5).

E. (3), (4), dan (5).


33. Perhatikan penggalan teks proklamasi berikut !

”Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. 

Makna penggalan pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut bagi bangsa Indonesia adalah ....

A. masyarakat dapat mengambil alih seluruh persenjataan Jepang di Indonesia

B. saatnya membangun kehidupan baru yang merdeka, bersatu, dan berdaulat

C. Jepang telah memenuhi janji kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia

D. Indonesia segera menyusun pemerintahan dan ketatanegaraan yang baru

E. proklamasi kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia


34. India merupakan salah satu negara yang memiliki perhatian besar terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam menegakkan kedaulatan. Atas peran India di New Delhi dilaksanakan konferensi yang hasilnya diajukan ke sidang DK PBB. Hal mendasar yang menyebabkan negara tersebut mengakui dan mendukung kemerdekaan Indonesia adalah ....

A. India menjadi pembuka sejarah bangsa Indonesia

B. pernah bersama-sama dijajah bangsa barat

C. Indonesia memberi bantuan pangan

D. hubungan Indonesia-India sudah terjalin lama

E. wujud solidaritas antar negara di Asia


35. Perkembangan iptek di bidang teknologi dan informasi yang sangat pesat dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat yaitu ...

A. efisiensi penggunaan bahan baku

B. efisiensi penggunaan waktu

C. menimbulkan konsumerisme

D. menghilangkan sportifitas

E. melahirkan perilaku hedonisme


36. Dalam turut serta menciptakan perdamaian dunia, pemerintah Indonesia melalui Presiden Sukarno menjadi salah satu penggagas berdirinya Gerakan Non Blok. Organisasi negara-negara berkembang yang berhasil melaksanakan konferensi pertama di Beograd tahun 1961 tersebut bertujuan ... . 

A. menggalang kekuatan bersama dengan blok timur

B. menggalang kekuatan bersama dengan blok barat 

C. menjadi pesaing antara kedua blok (barat dan timur)

D. meredakan ketegangan antara blok barat dan timur

E. menandingi kekuatan blok barat maupun blok timur 


37. Perhatikan pernyataan dibawah ini :

(1) Tampilnya Rusia sebagai negara adidaya 

(2) Gagalnya sistem ekonomi komunis membawa kemakmuran rakyat

(3) Bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur

(4) Berakhirnya perang dingin 

(5) Semakin meluasnya negara-negara penganut faham komunis 

Kebijakan Perestroika dan Glasnots ternyata membawa dampak yang sangat besar baik bagi kehidupan dalam negeri maupun luar negeri seperti pada nomor .....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


38.  Josep Bros Tito merupakan salah satu pendiri Gerakan Non Blok yang berasal dari Yugoslavia. Pada masa kepemimpinannya Yugoslavia sangat diperhitungkan khususnya dikawasan Balkan, namun setelah Josep Bos Tito meninggal dunia, Yugoslavia dirundung konflik politik yang berkepanjangan. Hal ini disebabkan ....

A. banyaknya partai politik yang saling ingin menyatuhkan lawannya

B. terjadinya perpecahan etnis ditandai adanya tuntutan otonomi

C. tidak ada tokoh sehebat Bros Tito yang mampu mempersatukan Yugoslavia

D. adanya  campur tangan Amerika Serikat dan Uni Soviet 

E. Serbia ingin kembali mengembalikan kejayaan Serbia Raya


39. Proses penyatuan Jerman selain disebabkan oleh faktor intern seperti adanya kesenjangan ekonomi Jerman Timur dengan Jerman Barat, juga dipengaruhi faktor ekstern gerakan penyatuan Jerman tersebut adalah ....

A. semakin menguatnya proses globalisasi dunia

B. perkembangnya ideologi kapitalisme

C. berkembangnya ekonomi liberal / pasar bebas

D. berkembangnya gagasan Perestroika dan Glasnots

E. adanya pertemuan negara-negara pemenang perang


40. Sebagai akibat dari agresi Irak ke Kuwait, terjadinya perang Irak melawan pasukan internasional yang dikomandoi Amerika Serikat. Meskipun dalam perang tersebut Amerika Serikat berhasil mengalahkan Irak akan tetapi tidak berhasil menangkap dan membunuh Sadam Husein. Akhirnya Amerika Serikat terus berupaya memerangi Irak dengan alasan ....

A. Irak menyimpan senjata kimia pemusnah massal

B. Irak melakukan pelanggaran resolusi DK PBB

C. mengancam stabilitas keamanan Timur Tengah

D. melakukan pencurian ladang minyak Kuwait

E. membebaskan bangsa Arab dari kekuasaan Irak


SOAL URAIAN (LATIHAN SOAL USBN SEJARAH PEMINATAN 2022)

41. Pada tahap heuristik dalam penelitian sejarah dapat dilakukan dengan studi pustaka. Berkaitan dengan hal tersebut sebutkan 4 yang termasuk sumber tertulis !

42. Sebutkan 4 (empat) ciri kehidupan sosial-budaya masyarakat pada zaman Paleolithikum !

43. Masuknya budaya India (Hindu-Budha) ke Indonesia membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Sebutkan (4) empat pengaruh budaya India (Hindu-Budha) di Indonesia !

44. Perhatikan wacana berikut !

PERISTIWA RENGASDENGKLOK

Merupakan peristiwa penculikan yang dilakukan oleh para golongan pemuda antara lain Soekarni, Wikana, dan Chaerul Soleh terhadap Soekarno dan Hatta. Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat dilaksanakanya proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Akhirnya dapat didamaikan oleh Achmad Soebardjo dengan memberikan jaminan bahwa selambat-lambatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 keesokan harinya Soekarno-Hatta akan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dengan jaminan tersebut akhirnya pada tanggal 16 Agustus 1945 sore hari Soekarno-Hatta dilepas oleh para pemuda dari Rengasdengklok.

Bagaimanakah akar permasalahan terjadinya peristiwa Rengasdengklok tersebut? Jelaskan!

45. Sebutkan masing-masing 3 faktor yang menyebabkan Uni Soviet runtuh !


Demikian latihan soal USBN sejarah peminatan SMA paket 1 Kurtilas Tahun 2022 beserta kunci jawabannya yang dapat saya bagikan kepada sobat sejarah dan jangan biarkan perkembangan hasil belajar kalian berhetni sampai di sini saja. Oleh karena itu, saya sarankan untuk mengerjakan soal USBN Sejarah Peminatan 2022 paket 2.

Salam Historia!

LihatTutupKomentar