www.belajarsejarah.web.id - Hai bapak ibu guru PJOK tingkat SMP-SMA yang saya banggakan. Apakah bapak ibu guru sedang mencari informasi terkait seleksi PPPK formasi guru tahap 3, khususnya latihan soal? Jika benar, maka bapak ibu guru sudah berada di tempat yang tepat, karena pada postingan kali ini saya akan berbagi 50 contoh soal pppk PJOK SMP-SMA Tahap 3 Tahun 2022.
Besar harapan saya agar postingan ini dapat bermanfaat dan membantu jalan bapak ibu guru PJOK tingkat SMP-SMA menuju kesuksesan di seleksi PPPK tahap ini. InsyaAllah dimana ada kemauan maka di sana akan ada jalan.
CONTOH SOAL PPPK KOMPETENSI TEKNIS GURU PJOK SMP-SMA
1. Program pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan guru di sekolah tidak boleh mengabaikan aspek kesiapan psikologis yang baik para peserta didiknya. Kondisi psikologis yang baik tersebut antara lain....
a. aspirasi kuat, kematangan pribadi dan gangguan emosional
b. aspirasi kuat, ketahanan mental dan keraguan
c. aspirasi kuat, kematangan pribadi dan keraguan
d. aspirasi kuat, ketahanan mental dan kematangan pribadi
e. aspirasi kuat, ketahanan mental, dan gangguan emosional
2. Perhatikan pernyataan berikut.
1) beban antara 70% sampai 80% beban masimal,
2) beban antara 30% sampai 50% beban masimal,
3) ulangan antara 8 sampai 12
4) ulangan antara 1 sampai 5,
5) gerakan dilakukan secara cepat
6) gerakan dilakukan secara lambat
Ciri-ciri latihan daya ledak yang benar adalah....
a. 2, 3, 4
b. 3, 4, 5
c. 2, 3, 6
d. 1, 3, 5
e. 1, 2, 3
3. Materi pembelajaran untuk mendapatkan kompetensi variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam permainan bola basket berikut yang benar adalah....
a. dribbling zig-zag dan ke samping, dilanjutkan dengan dribbling lurus
b. dribbling di tempat dilanjutkan dengan pivot, dan shooting
c. dribbling sambil berlari dilanjutkan dengan passing dan diakhiri shooting
d. dribbling lurus dan ke samping dilanjutkan dengan shooting
e. dribbling rendah kemudian melakukan jump shoot, serta rebound
4. Gerak dominan salto dalam pembelajaran senam lantai terdiri dari....
a. awalan, melayang di udara, ayunan, dan pendaratan
b. awalan, ayunan, tolakan, dan melayang di udara
c. awalan, ayunan, tolakan, dan pendaratan
d. awalan, tolakan, melayang di udara, dan pendaratan
e. awalan, ayunan, melayang di udara, dan pendaratan
5. Di bawah ini klasifikasi keterampilan:
1) keterampilan gerak diskret
2) keterampilan gerak serial
3) keterampilan kontinyu
4) keterampilan gerak agal
5) keterampilan halus
Yang termasuk ke dalam kategori gerak ditinjau berdasarkan awal dan akhir gerak adalah...
a. 2, 4, dan 5
b. 3, 4, dan 5
c. 1, 2, dan 3
d. 2, 3, dan 5
e. 1, 3, dan 4
6. Training zone untuk latihan daya tahan yang harus ditempuh selama melakukan aktivitas adalah ... % dari denyut nadi maksimal.
a. 70 - 80 % dari denyut nadi maksimal
b. 65 - 75 % dari denyut nadi maksimal
c. 75 - 85 % dari denyut nadi maksimal
d. 60 - 70 % dari denyut nadi maksimal
e. 60 - 80 % dari denyut nadi maksimal
7. Pernyataan di bawah ini adalah manfaat dari sosiologi olahraga dalam komunitas masyarakat kecuali....
a. mengurangi stress
b. menciptakan ststus sosial
c. melepaskan ketegangan dan frustasi
d. media pergaulan
e. menyalurkan emosi permusuhan
8. Prinsip latihan menjelaskan bahwa tubuh hanya beradaptasi secara khusus terhadap beban yang diberikan. Prinsip latihan yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah....
a. overload
b. consistent
c. individuality
d. progressive
e. specification
9. Untuk mendapatkan pantulan bola tenis meja yang arahnya sama, maka prinsip pantulan yang harus dilakukan adalah....
a. melakukan pantulan dengan memperhatikan sudut pantul sama dengan sudut datang
b. pantulkan kemana saja sehingga bola mudah untuk diterima
c. melakukan pantulan dengan bidang yang datar
d. melakukan pantulan tanpa harus memperhatikan sudut pantul dan sudut datang
e. melakukan pantulan dengan memperhatikan kemiringan benda yang akan dipantulkan
10. Perhatikan pernyataan berikut:
1) memukukl bola dilambungkan pitcher
2) memukul bola dilambungkan teman
3) memukul bola dilambungkan sendiri
4) memukul bola tergantung,
5) memukul bola dari bettig tea
Tahapan pembelajaran pukulan bola dalam permainan softball adalah....
a. 5; 1; 2; 3; 4
b. 5; 1; 4; 3; 2
c. 5; 4; 3; 2; 1
d. 5; 3; 4; 2; 1
e. 5; 2; 1; 3; 4
11. Lingkup dan urutan dari materi pembelajaran kebugaran kelas VIII berdasarkan Permendikbud Nomor 37 tahun 2018 PJOK SMP adalah....
a. memahami penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani yang terkait dengan kekuatan dengan sederhana
b. memahami konsep latihan peningkatan kebugaran jasmani yang terkait dengan daya tahan
c. memahami konsep latihan peningkatan kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan
d. memahami penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani yang terkait dengan kelentukan
e. memahami konsep latihan peningkatan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan kecepatan
12. Faktor yang menjadi penghambat kecepatan luncuran pada renang gaya dada adalah....
a. menendangkan kaki
b. menarik telapan tangan
c. meluruskan lengan
d. menarik kaki
e. meluruskan badan
13. Pernyataan, "hasil nyata yang diperoleh dari pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan adalah perkembangan yang lengkap, meliputi: aspek fisik, mental, emosi, sosial, dan moral," merupakan manfaat PJOK dilihat dari sisi....
a. proses pendidikan secara serempak baik secara fisik, mental, maupun emosional
b. penanaman dasar-dasar keterampilan yang berguna
c. pemenuhan kebutuhan peserta didik akan gerak
d. pengenalan peserta didik pada lingkungan dan potensi diri
e. penyaluran energi yang berlebihan
14. Perhatikan pernyataan berikut:
Peserta didik melakukan guntingan pembelajaran pencak silat yaitu posisi siap menghadap lawan, melakukan lompatan kaki rapat, posisi badan kedepan mengarah ke kuda-kuda lawan, ketika mendarat di kuda-kuda lawan berusaha menjepit kaki lawan, dan menggerakkan kaki secara berlawanan.
Kesalahan yang dilakukan peserta didik tersebut adalah....
a. mengarahkan kaki secara berlawanan
b. berusaha menjepit kaki lawan
c. posisi badan kedepan mengarah ke kuda-kuda lawan
d. melakukan lompatan kaki rapat
e. siap menghadap lawan
15. Salah satu jenis penyakit degenaratif yang berhubungan dengan meningkatnya kadar gula darah disebut....
a. diabetes
b. obesitas
c. hipertensi
d. osteoporosis
e. stroke
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Sejarah Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
16. Manakah pernyataan dibawah ini yang merupakan rangkaian gerak senam lantai yang dilakukan peserta didik SMP kelas VII?
a. guling depan, guling belakang, guling lenting
b. guling depan, guling belakang, lenting tangan
c. hand stand guling depan, guling belakang
d. round off guling depan, guling belakang
e. guling depan, guling belakang, salto
17. Aspek fungsi yang lebih dominan keterlibatannya dalam proses belajar gerak adalah aspek tahap....
a. kognitif
b. otonumus
c. fisik
d. motoric
e. asosiatif
18. Yang merupakan komponen kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan adalah....
a. kecepatan
b. daya tahan otot
c. kekuatan
d. komposisi tubuh
e. kelentukan
19. Melalui permainan dapat menumbuhkan sikap peserta didik patuh pada aturan, sikap loyal pada tim, juga sikap mengakui kesalahan. Nilai yang cocok untuk menggambarkan sikap-sikap di atas adalah....
a. perduli
b. tanggung jawab
c. beradab
d. fair
e. jujur
20. Pendidikan olahraga memiliki ciri umum....
a. mengandung unsur permainan, perjuangan, atau kompetisi baik dengan lawan, orang lain maupun alam
b. proses pendidikan yang menggunakan aktivitas jasmani sebagai media untuk mencapai tujuan pendidikan
c. dilakukan secara sportif dan fair untuk tujuan pengembangan prestasi olahraga kompetitif
d. mengandung unsur permainan, perjuangan, atau kompetisi baik dengan diri sendiri, orang lain, maupun alam
e. proses membelajarkan siswa untuk dapat berolahraga dan memperoleh kebugaran jasmani
21. Perhatikan unsur-unsur berikut.
1) organisme (manusia)
2) jaringan
3) organ
4) sel
5) sistema
Urutan yang benar dalam struktur organisasi biologik manusia adalah...
a. 4, 5, 2, 3, 1
b. 4, 3, 5, 2, 1
c. 2, 4, 3, 5, 1
d. 2, 5, 3, 4, 1
e. 4, 2, 3, 5, 1
22. Berikut jenis gerak low impact dalam aktivitas gerak berirama, yaitu....
a. peregangan statis, penguluran dan gerakan di tempat
b. jogging, pelemasan, lompat, loncat
c. jalan ditempat, peregangan, lompat, loncat
d. single step, double step dan V step
e. lari cepat, penguluran, lompat, loncat
23. Perbedaan pendidikan jasmani dan olahraga kompetitif dilihat dari materi yang digunakan adalah....
a. materi pada pendidikan jasmani tidak ada penyesuaian dengan kemampuan anak sedangkan pada pendidikan olahraga mutlak cenderung dipaksakan sesuai kebutuhan prestasi
b. materi pada pendidikan jasmani disesuaikan dengan kemampuan anak sedangkan pada pendidikan olahraga tidak dipaksakan sesuai kebutuhan prestasi
c. materi pada pendidikan jasmani disesuaikan dengan kemampuan anak sedangkan pada pendidikan olahraga mutlak cenderung dipaksakan sesuai kebutuhan prestasi
d. materi pada pendidikan jasmani mutlak cenderung dipaksakan sesuai kebutuhan prestasi sedangkan pada pendidikan olahraga disesuaikan dengan kemampuan anak
e. materi pada pendidikan jasmani tidak disesuaikan dengan kemampuan anak sedangkan pada pendidikan olahraga cenderung disesuaikan dengan kebutuhan prestasi
24. Dalam teknik renang posisi badan serta teknik koordinasi antara kaki dan tangan sangat berpengaruh pada kecepatan maksimal yang diinginkan. Faktor utama kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari....
a. Kekuatan ayunan badan dan kayuhan tangan
b. Dorongan kedua kaki secara bersamaan
c. Kekuatan lecutan tungkai dan dorongan tangan
d. Kekuatan kayuhan tangan dan dorongan kaki
e. Dorongan kedua tangan secara bersamaan
25. Rekreasi yang berbentuk aktivitas olahraga atau sebaliknya olahraga dalam bentuk rekreasi akan berpengaruh pada peningkatan kesehatan....
a. mental, fisik, dan sosial
b. fisik, mental, dan spiritual
c. fisik, mental, dan budaya
d. fisik, spiritual, dan sosial
e. mental, social, dan spiritual
26. Jika dilihat dari materinya perbedaan antara pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan adalah....
a. pendidikanjasmani bermaterikan pengembangan kebugaranjasmani terkait kesehatan, sedangkan pendidikan kesehatan bermaterikan pengembangan budaya hidup sehat
b. pendidikanjasmani bermaterikan pengembangan budaya hidup sehat, sedangkan pendidikan kesehatan bermaterikan pengembangan kebugaranjasmani terkait kesehatan
c. pendidikanjasmani bermaterikan pengembangan kebugaranjasmani terkait kesehatan dan pengembangan budaya hidup sehat, sedangkan pendidikan kesehatan bermaterikan pengembangan budaya hidup sehat
d. pendidikanjasmani bermaterikan pengembangan budaya hidup sehat saja, sedangkan pendidikan kesehatan bermaterikan pengembangan kebugaranjasmani terkait kesehatan dan pengembangan budaya hidup sehat
e. pendidikanjasmani bermaterikan pengembangan budaya hidup sehat dan kebugaranjasmani terkait kesehatan, sedangkan pendidikan kesehatan bermaterikan pengembangan kebugaranjasmani terkait kesehatan saja
27. Gerak dasar pengambilan nafas renang gaya dada berikut benar, kecuali....
a. untuk mengeluarkan napas dilakukan ketika kepala masuk ke dalam air
b. pengambilan napas dilakukan bersamaan dengan meluruskan lengan
c. pengambilan napas dilakukan dengan mulut dan hidung
d. pengambilan napas dilakukan saat mengangkat kepala keluar dari permukaan
e. pengambilan napas dilakukan dengan mulut
28. Hukum newton III menyebutkan "ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadapat benda pertama" maka penerapan hokum ini pada pembelajaran lompat jauh terjadi ketika peserta didik harus....
a. berlari kecil dahulu kemudian dilanjutkan berlari sekencang-kencangnya untuk mendapatkan kecepatan awal
b. menolak sekuat-kuatnya terhadap papan tolak agar tubuh terlontar lebih tinggi dan jauh
c. mendarat dengan dua kaki agar tidak terjatuh kebelakang dengan badan condong kedepan
d. berlari kencang, menolak dengan terlebih dahulu mengayunkan lengan kebelakang dan mendarat dengan kedua kaki
e. menolak dengan kaki terkuat sesingkat mungkin pada papan tolakan dengan ayunan tangan kebelang
29. Keadaan yang menggambarkan keseimbangan pikiran dan perasaan, seperti tenang, tidak mudah mengeluh dan tidak stress adalah definisi dari sehat secara....
a. sosial
b. mental
c. fisik
d. emosi
e. spiritual
CONTOH SOAL PPPK PEDAGOGIK GURU PJOK SMP-SMA
30. Perhatikan pernyataan di bawah ini.
1. precognitive
2. postcognitive
3. conventional
4. preconventional
5. postconventional
Menurut Kohlberg, tahapan perkembangan moral anak/peserta didik ditunjukkan dengan nomor ....
a. 2, 3 ,4
b. 4, 3, 2
c. 1, 2, 3
d. 3, 4, 5
e. 1, 3, 4
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Sosiologi Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
31. Teori belajar yang menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku. Seseorang dianggap belajar jika ia telah mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Pentingnya masukan atau input yang berupa stimulus dan keluaran atau output yang berupa respon ....
a. behavioristik
b. humanistik
c. kognitivistik
d. konstruktivistik
e. rekonstruktivistik
32, Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian tugas proyek dengan guru merupakan salah satu sintaks project-based learning tahap ...
a. mendesain perencanaan produk
b. evaluasi pengalaman belajar
c. memantau keaktifan dan perkembangan proyek
d. menguji laporan hasil tugas proyek
e. observasi proses pembelajaran
33. Salah satu proses kognitif dalam pembelajaran adalah "menganalisis" yang bermakna ....
a. memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antarbagian
b. mengidentifikasi hal-hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan
c. menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
d. membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar nyata
e. melakukan atau menggunakan tata cara dan prosedur di dalam situasi yang tidak seperti biasanya
34. Prosedur manakah yang terlebih dahulu dilakukan dalam penentuan KKM mata pelajaran pada Satuan Pendidikan....
a. menentukan nilai aspek karakteristik peserta didik (intake)
b. menghitung jumlah KD setiap mata pelajaran pada masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun pelajaran
c. menentukan kelayakan sarana prasaran yang dimiliki oleh sekolah
d. menentukan kondisi satuan pendidikan (daya dukung)
e. menentukan karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/ kompetensi)
35. Pembelajaran yang di kembangkan dengan penataan kondisi secara ketat, reinforcement dan hukuman, ini semua merupakan unsur-unsur yang sangat penting. Teori ini hingga sekarang masih mendominasi praktek pembelajaran di Indonesia, implikasi dari teori behavioristik adalah....
a. conditiontng
b. shaping
c. stimulus respon
d. trial and error
e. konseptualisasi
36. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional konkret, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan media ....
a. miniature bumi (globe)
b. poster peta
c. buku bacaan
d. lingkungan sekitar
e. foto lingkungan
37. Perhatikan soal di bawah ini.
Berikan contoh kegiatan yang bisa dilakukan peserta didik dalam mewujudkan tenggang rasa sesama manusia!
Contoh soal tersebut berada pada level kognitif....
a. aplikasi
b. penalaran
c. pengetahuan
d. evaluasi
e. Kreasi
38. Dengan komunikasi, mengutarakan siapa diri kita kepada orang lain atau kepada rekan-rekan kita. Peserta didik yang aktif di kelas dapat dipandang sebagai kenyataan yang "berbeda" dengan peserta didik lain.
Pernyataan tersebut merupakan bagian dari fungsi komunikasi, yaitu ....
a. menyatakan eksistensi diri
b. melangsungkan kehidupan
c. pembentukan konsep diri
d. memupuk hubungan
e. Pembentukan eksistensi diri
39. Kegiatan pembelajaran yang mengelompokkan benda sesuai bentuknya merupakan bagian dari proses berpikir dan dimensi pengetahuan ....
a. konseptual - memahami
b. konseptual - menerapkan
c. faktual - mengingat
d. prosedural - menganalisis
e. konseptual - menganalisis
40. Perhatikan pernyataan di bawah ini.
1. Perasaan senang.
2. Ketertarikan peserta didik.
3. Perhatian.
4. Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
5. Manfaat dan fungsi mata pelajaran.
Untuk mengetahui apakah peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi atau tidak sebenarnya dapat dilihat dari indikator minat yang ditunjukkan dengan nomor ....
a. 2-3-4-5
b. 1-3-4-5
c. 1-2-3-5
d. 1-2-4-5
e. 1-2-3-4
41. Siswa diminta menyelesaikan permasalahan dengan informasi yang telah dipelajari, kegiatan pembelajaran tersebut menurut taksonomi Bloom dapat mengembangkan level kognitif....
a. mengevaluasi
b. menganalisis
c. menerapkan
d. memahami
e. mengingat
42. Teori pembelajaran menurut Gagne yang harus dikondisikan untuk memunculkan respon yang diharapkan merupakan teori ....
a. aplikatif pembelajaran
b. respon pembelajaran
c. psikologi tingkah laku
d. asosiasi verbal
e. diskriminatif
43. Penilaian sikap yang tergolong dalam dimensi belajar yang dikembangkan dalam membantu peserta didik mengembangkan berpikir kritis dan kreatif adalah ....
a. menggunakan pengetahuan secara bermakna
b. sikap dan persepsi
c. habits ofminds (perilaku berpikir)
d. memperoleh dan mengintegrasikan pengetahuan
e. memperluas dan menyaring pengetahuan
44. Ketika guru Pendidikan jasmani menunjukkan perilaku: memberikan program/aktivitas yang seimbang dan beragam, yang memenuhi kebutuhan dan minat siswa, dalam proses pembelajaran guru berperan sebagai konselor dan pembimbing, menjelaskan berbagai alternatif dan memberikan arah siswa tidak salah arah, maka guru tersebut menggunakan aliran filsafat...
a. naturalisme
b. eksistensilisme
c. pragmatisme
d. idealisme
e. realisme
45. Tindakan mengidentifikasi masalah dalam melakukan shooting saat bermain bola basket, menunjukkan elemen keterampilan berpikir kritis pada tahap....
a. ctarity
b. focus
c. reason
d. situation
e. inference
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru PKn Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
46. Anderson dan Krathwohl {2001) melakukan revisi kawasan kognitif, tingkatan pada kawasan kognitif, kecuali...
a. penerimaan (receiving) yang meliputi kesadaran akan adanya sesuatu, ingin menerima, dan memperhatikannya
b. menilai dan membuat pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar tertentu yang telah ditetapkan
c. memakai dan menggunakan prosedur untuk mengerjakan latihan maupun memecahkan masalah
d. mengerti dan mampu membangun arti dari pesan pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tulisan maupun grafis
e. menganalisis dan memecah bahan-bahan ke dalam unsur-unsur pokoknya serta menentukan bagaimana bagian-bagian saling berhubungan dan kepada seluruh struktur
47. Satu siswa menjadi pelaku, satu siswa lain menjadi pengamat dan memberikan umpan balik, setelah itu, bergantian. Kegiatan tersebut menunjukkan ciri gaya mengajar....
a. periksa diri
b. Latihan
c. inklusi
d. resiprokal
e. penemuan terbimbing
48. Menunjukkan apakah gerakan siswa benar/salah, meminta siswa untuk memberi masukan kinerja atau proses pembelajaran, menyarankan alternatif untuk mencapai hasil yang sama atau berbeda.
Kegiatan guru diatas adalah contoh tindakan guru dalam langkah pembelajaran menurut Gagne, yaitu....
a. mengingat kembali pelajaran sebelumnya
b. mendapatkan perhatian
c. memberikan umpan balik
d. memberi panduan pembelajaran
e. memberi bimbingan
49. Ketika Pak Hadi akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya, ia melakukan analisis karateristik peserta didik terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui sejauhmana pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki pada setiap peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Hadi memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal dalam persiapan pembelajaran....
a. pembelajaran berdiferensiasi
b. pembelajaran terpusat
c. pembelajaran berpusat pada pengetahuan
d. pembelajaran berorientasi motivasi
e. pembelajaran berpusat pada peserta didik
50. Kegiatan pembelajaran yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan, sesuai dengan model pembelajaran ....
a. project based learning
b. inquiry learning
c. discovery learning
d. integrated learning
e. problem based learning
Demikianlah yang dapat saya bagikan kepada bapak ibu terkait 50 Contoh Soal PPPK Guru PJOK SMP-SMA Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru. Sampai berjumpa pada postingan lainnya.
Salam Historia!