Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah

Belajar Sejarah Indonesia di Channel Youtube



Halo sobat sejarah sekalian, Pernahkah kalian merasa bosan mempelajari sejarah? mungkin jika konten sejarahnya jawabannya tidak tetapi cara belajar sejarah dengan cara yang itu-itu saja mungkin iya. Maksud saya belajar itu tidak harus dengan membaca buku apalagi sejarah, erat kaitan dengan buku dan sumber tertulis lainnya. Lantas dengan cara apalagi kita mempeljari sejarah?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari sejarah, seperti menonton film bergenre sejarah, mewawancarai langsung pelaku sejarah atau pergi ke spot bersejarah, misalnya museum, candi dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi cara mempelajari sejarah dengan cara menonton video bertema sejarah dari Youtube.

Siapa yang tidak kenal dengan website berkonten video terbesar saat ini, Youtube. Banyak video dengan berbagai tema dan topik yang diunggah oleh Youtubers (sebutan untuk mereka yang sering mengunggah video ke Youtube) dari seluruh belahan dunia yang dapat kita lihat secara gratis. Dengan membatasi pencarian kata kunci sobat di Youtube, sobat bisa mendapatkan video yang ingin ditonton, salah satunya video bertemakan sejarah. Berikut saya coba untuk bagikan Channel-Channel di Youtube yang membahas tentang sejarah sebagai berikut : 

- Channel Sejarah Berbahasa Indonesia : 

      1. Kamu Harus Tahu!
   Kamu Harus Tahu! merupakan channel edukasi yang menyajikan berbagai informasi danpengetahuan dalam bentuk animasi 2 dimensi.

        Channel Youtube resmi Arsip Nasional Republik Indonesia yang dikelola oleh Biro Perencanaan dan Humas ANRI.

    Channel Youtube yang memutar ulang video dari program televisi Metro TV dengan judul melawan lupa.

- Channel Sejarah Berbahasa Inggris : 

      1. Dutch Docu Channel
     Sebuah Channel Youtube yang didedikasikan untuk sejarah bangsa belanda, namun beberapa video yang dimilikinya memuat tentang sejarah indonesia pula.

      2. Falkonongu
      Channel yang menampilkan video sejarah kota Jakarta yang dulunya terkenal dengan julukan Sunda Kelapa


Demikian celoteh singkat saya tentang belajar sejarah dari channel - channel yang ada di youtube bertemakan sejarah Indonesia. Selanjutnya akan saya update terus channel-channel nya. 

Salam Historia.
Labels: Panduan

Thanks for reading Belajar Sejarah Indonesia di Channel Youtube. Please share...!

0 Comment for "Belajar Sejarah Indonesia di Channel Youtube"

Back To Top