Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah

Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2010

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan perlombaan di bidang sains (pada perkembanganya IPS juga diperlombakan) untuk siswa pada tingkat SD, SMP, SMA. Mereka diseleksi dari tahap kabupaten, provinsi hingga nasional. OSN diselenggarakan setiap tahunnya. 


Bagi sobat yang berencana mengikuti OSN tidak ada salahnya jika mempersiapkan diri sedini mungkin dan pada blog sederhana ini, saya ingin membantu sobat untuk berlatih soal OSN IPS. Namun tidak semua soal yang ada pada soal asli OSN IPS dibahas, saya hanya memfokuskan pada mata pelajaran sejarah saja, sesuai topik blog ini yaitu belajar sejarah

Selamat Mengerjakan Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2010.

Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Kota / Kabupaten Tahun 2010


Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Kota / Kabupaten Tahun 2010

Petunjuk: 

(1). Tidak ada batasan waktu pengerjaan soal
(2). Pilihlah jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia
(3). Buka kunci jawaban dan pembahasan setelah sobat menjawab semua soal yang tersedia.





1. Masa pra-aksara tertua di Indonesia adalah ....

(A) paleolitikum
(B) mesolitikum
(C) neolitikum
(D) megalitikum

2. Pernyataan berikut yang benar adalah ....

(A) pithecanthropus erectus hidup pada masa megalitikum
(B) meganthropus paleojavanicus hidup pada masa neolitikum
(C) pithecanthropus erectus hidup pada masa mesolitikum
(D) homosoloensis hidup pada masa paleolitikum

3. Teori yang dikemukakan oleh F.D.Bosch merupakan pemikiran yang didukung oleh fakta berikut ....

(A) penaklukan Sriwijaya oleh Kekaisaran Cina
(B) pendirian asrama bagi pelajar Sriwijaya yang belajar di India
(C) perdagangan antara Sriwijaya dengan India
(D) perdagangan Sriwijaya dengan Cina

4. Islam masuk ke Indonesia pada abad ke XI, pendapat tersebut didukung oleh fakta berikut ini ....

(A) catatan perjalanan Marco Polo
(B) catatan perjalanan Ibnu Batutah
(C) batu nisan Sultan Malik Al Saleh
(D) batu nisan Fatimah Binti Maimun

5. Masuknya Islam di Kerajaan Tidore melalui kota ...

(A) Banjarmasin
(B) Banten
(C) Padang
(D) Gresik

6. Persamaan alasan kedatangan bangsa Portugis dan bangsa Belanda ke Indonesia, adalah:

(A) untuk menyebarkan agama yang sama
(B) mengalami kekalahan perang dari Spanyol
(C) kesulitan memperoleh rempah - rempah
(D) untuk mengembangkan wilayah

7. Pembubaran VOC terjadi karena....

(A) kalah bersaing dengan pedagang Perancis
(B) kalah bersaing dengan pedagang Madura dan Makassar
(C) langkanya rempah - rempah di Maluku
(D) korupsi dikalangan pegawai

8. Tujuan utama penyelenggaraan pendidikan pada masa Kolonial Belanda adalah ....

(A) Memberantas buta huruf
(B) Memperoleh tenaga kerja terdidik dengan upah yang rendah
(C) Melemahkan perlawanan kaum intelektual
(D) Menghilangkan diskriminasi dalam memperoleh kesempatan belajar

9. Organisasi pergerakan yang bersifat etnik kedaerahan adalah ....

(A) Tri Koro Dharmo
(B) Indische Partij
(C) Perhimpunan Indonesia
(D) Partai Indonesia Raya

10. Negara - negara yang terlibat secara langsung dalam Perang Dunia I adalah ....

(A) Inggris. Swiss. Jerman. Perancis. dan Italia
(B) Inggris. Italia, Jerman, Perancis, dan Rusia
(C) Inggris, Perancis, Swiss, Italia, dan Rusia
(D) Inggris, Belanda. Perancis, Cina. dan Austria


11. Jepang pada Perang Pasifik telah mengalahkan kekuatan negara-negara besar antara lain....

(A) Amerika Serikat dikalahkan di Kalimantan
(B) Perancis dapat ditaklukan di Cina
(C) Inggris dapat diusir dari Birma
(D) Belanda kalah di Indocina

12. Perlakuan Jepang yang mempengaruhi kehidupan sosial - ekonomi bangsa Indonesia pada jaman penjajahan adalah....

(A) pelaksanaan Romusha
(B) pembentukan Heiho dan PETA
(C) melarang penggunaan bahasa Belanda
(D) pembentukan Jawa Hokokai

13. Tujuan para pemuda mengasingkan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok adalah...

(A) melindungi keduanya dari penculikan tentara Sekutu
(B) melindungi keduanya dari penculikan tentara Jepang
(C) mendesak keduanya dari tekanan politik
(D) mendesak keduanya berkonsentrasi mempersiapkan kemerdekaan

14. Langkah yang diambil oleh pemerintah Republik Indonesia Serikat untuk mengatasi laju inflasi yang tinggi adalah...

(A) mencetak uang baru
(B) melakukan pemotongan uang
(C) menaikkan pajak
(D) mencari pinjaman baru

15. Negara yang menjadi anggota Komisi Tiga Negara (KTN) pilihan Indonesia adalah ....

(A) Belgia
(B) Australia
(C) Amerika Serikat
(D) Inggris

16. Latar belakang peristiwa Pembebasan Irian Barat adalah ...

(A) Kegagalan penyelanggaraan Pemilu 1955
(B) Kekecewaan Indonesia terhadap PBB dalam penyelesaian masalah Irian Barat
(C) Kekecewaan Indonesia karena Belanda tidak mentaati perjanjian KMB
(D) Kekecewaan terhadap tidak di taatinya isi perjanjian KTN oleh Belanda khususnya yang menyangkut Irian Barat

17. Perhatikan peta berikut ini!
Lokasi pemberontakan DI/TII yang dipimpin Kahar Muzakar ditunjukkan pada angka....

(A) I
(B) II
(C) III
(D) IV

18. Kronologi penumpasan Gerakan 30 S PKI yang benar adalah....
 
(A) merebut RRI dan kantor Telkom - penguasaan Bandara Halim Perdana Kusumah - Pembersihan wilayah Lubang Buaya
(B) pembersihan Lubang Buaya - merebut RRI dan kantor Telkom - penguasaan Kemayoran
(C) penguasaan Bandara Halim Perdana Kusumah - merebut RRI dan Kantor Telkom - pembersihan Lubang Buaya
(D) penguasaan Bandara Kemayoran - pembersihan Lubang Buaya - merebut RRI dan Kantor Telkom

19. Kronologi persiapan penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika yang benar adalah...

(A) Konferensi Kolombo - Konferensi Bogor - KAA
(B) Konferensi Malino - Konferensi Kolombo - KAA
(C) Konferensi Panca Negara - Konferensi Kolombo - KAA
(D) Konferensi Panca Negara - Konferensi Bogor - KAA

20. Arti penting Konferensi Asia Afrika bagi Indonesia adalah mendapat dukungan...

(A) internasional dalam mengatasi pertikaian dengan Malaysia
(B) dunia internasional dalam menyelesaikan masalah Irian Barat
(C) PBB dalam penyelenggaraan ASlAN Games di Indonesia
(D) dunia internasional menyelesaikan masalah Timor - Timur


21. Konferensi Asia Afrika berhasil merumuskan sebuah kesepakatan yang dikenal dengan sebutan....

(A) Dasa Sila Bandung
(B) Sapta Sila Bandung
(C) Catur Sila Bandung
(D) Tri Sila bandung

22. Salah satu kesepakatan KTT ASEAN di Bogor tahun 1995 adalah menjadikan ASEAN sebagai kawasan ....

(A) pariwisata terpadu
(B) bebas teroris
(C) bebas nuklir
(D) perdagangan bebas



Demikian yang dapat saya bagikan kepada sobat terkait Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2010. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam Historia !!

Sumber :http://www.edukasicampus.net/2017/07/kumpulan-soal-olimpiade-ips-smp-tahun.html
Labels: latihansoal

Thanks for reading Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2010. Please share...!

0 Comment for "Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2010"

Back To Top