Blog yang berisikan materi belajar online sejarah.

Inilah Manfaat Belajar Sejarah



Inilah Manfaat Belajar Sejarah
Inilah Manfaat Belajar Sejarah
Inilah Manfaat Belajar Sejarah - Mendengar kata “belajar” mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Saya yakin banyak sekali sobat yang sangat antusias dan tertarik melakukan aktivitas belajar. Namun jika saya tambahkan kata ‘belajar’ dengan ‘sejarah’ sehingga menjadi belajar sejarah bagaimana yah respon dari sobat, hehe. 

Mungkin yang ada di benak sobat adalah setumpuk buku-buku berhalaman tebal yang harus dibaca dan dipelajari semua. Isi buku-buku itupun terdiri dari sekumpulan peristiwa di masa lalu yang memuat banyak tanggal dan nama pelaku sejarah yang harus dihafal dan dipahami, wah makin bosan saja yah. 

Pada postingan saya sebelumnya telah saya sedikit saya singgung jika aktivitas belajar sejarah tidak selalu identik dengan membaca buku, masih banyak cara unik lain untuk belajar sejarah. Selengkapnya sobat bisa baca di sini.

Kembali pada pokok bahasan pada postingan ini, kira-kira apa penyebab banyak orang berpikiran jika belajar sejarah itu tidak menarik dibanding dengan mempelajari ilmu lainnya seperti matematika atau bahasa? Saya di sini tidak menyalahkan mereka karena saya beranggapan jika mereka berpikiran demikian dikarenakan mereka tidak melihat ataupun belum menikmati dahsyatnya manfaat belajar sejarah

Manfaat Belajar Sejarah

Lantas apa saja sih manfaat belajar sejarah? Yuk simak manfaaat yang akan sobat dapatkan setelah belajar sejarah yaitu :

Sejarah itu Solusi.  

Sejarah bukan hanya sekedar masa lalu, tetapi sejarah juga pelajaran bagi masa depan. Yang terbaik, sejarah ada untuk memperkenalkan kepada kita beberapa hal yang perlu kita ketahui dari berbagai aspek kehidupan yang tidak terlihat di dunia saat ini. Berbagai peristiwa yang terjadi di masa lalu banyak mengandung pelajaran bagi generasi berikutnya, untuk menghadapi tantangan di masa depan. Itulah pentingnya belajar sejarah, dengan belajar dari sejarah kita bisa menghindari hal-hal yang buruk dan membawa nilai-nilai yang baik ke masa depan.

Sejarah Memberi Inspirasi

Dalam proses pembangunan Bangsa dan Negara, Indonesia mempunyai sejarah yang panjang yang meliputi seluruh aspek kehidupan, mulai dari aspek politik, ekonomi, sosial dan budaya. Tanpa mengenal sejarah suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang ini. Dengan mempelajari sejarah kita akan mampu menghindari berbagai kesalahan dan kekurangan masyarakat masa lampau untuk kemudian memperbaiki masa depan. Berbagai peristiwa tersebut telah memberi inspirasi dan pelajaran bagi generasi muda ini untuk melangkah dan melanjutkan pembangunan ke depan.

Sejarah, Pedoman bagi Kehidupan Sehari-hari

Sejarah dapat memberikan nilai atau norma yang dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari. Dari sejarah masa lampau manusia memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru.

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di saat kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang dapat menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Dengan belajar sejarah, karenanya, sikap dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.
 

Demikian manfaat belajar sejarah yang dapat saya bagikan kepada sobat, jika sobat memiliki pendapat dan gagasan lain tentang manfaat belajar sejarah jangan sungkan untuk disampaikan pada kolom komentar yah.

Salam Historia.
Labels: ilmusejarah

Thanks for reading Inilah Manfaat Belajar Sejarah. Please share...!

0 Comment for "Inilah Manfaat Belajar Sejarah"

Back To Top