Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)
Cover Film Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Sutradara: Garin Nugroho
Penulis Naskah: Erik Supit, Ari M. Syarif
Pemain: Reza Rahardian, Chelsea Islan, Putri Ayudya, Maia Estianty
Tanggal Rilis : 9 April 2015
Rating IMDb : 7,5 / 10

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto - Hai sobat sejarah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi salah satu film yang mengangkat tema sejarah Indonesia. Bagi mereka yang mencintai Bangsa Indonesia pastinya senang dengan hadirnya film-film bertema sejarah Indonesia, termasuk saya pribadi. Film yang menceritakan tentang sosok Guru Bangsa Tjokroaminoto ini semakin menambah khasanah perfilman tanah air Indonesia karena sebelumnya telah dirilis juga film tentang Soekarno pada tahun 2013 (Film Soekarno-Sang Proklamator Indonesia). Kisah muridnya saja sudah di tayangkan di layar lebar, kisah gurunya juga tidak boleh kalah. hehe

Film ini menceritakan tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam melawan penjajah Belanda. Diberlakukannya Kebijakan Politik Etis menjadi babak baru dalam penjajahan Belanda di Indonesia. Kebijakan itu bertujuan untuk memperbaiki kehidupan pribumi, namun kemiskinan, kesenjangan pendidikan dan sosial masih banyak terjadi.

HOS Tjokroaminoto adalah keturunan bangsawan atau ningrat pada zaman itu namun segala fasilitas dan kehidupan serba tercukupi tidak lantas membuatnya memiliki jarak dengan rakyatnya. Ia bahkan melepas gelar kebangsawannya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan dan ikut merasakan hidup sebagai rakyat biasa.

Film ini juga peranan HOS Tjokroaminoto dalam mendidik calon pemimpin-pemimpin besar Indonesia seperti Soekarno, Semaon, Alimin, dan Muso yang pada waktu itu sedang "mondok" di rumah miliknya bersama istrinya yaitu Soeharsikin. Meski pada akhirnya keempat tokoh itu berbeda haluan pemikiran tetapi Tjokroaminoto tetaplah layak mendapat julukan "Guru Bangsa".

  Video Trailer Tjokroaminto (2015)

Bagi sobat sejarah yang tertarik untuk menonton secara penuh Film Guru Bangsa Tjokroaminoto dapat mengunduh filmnya di bawah ini : 
Klik untuk mengunduh
Demikianlah review tentang film guru bangsa Tjokroaminoto yang dapat saya bagikan kepada sobat sejarah. Sampai bertemu kembali di seri film sejarah Indonesia lainnya.

Salam Historia.
Labels: filmsejarahindonesia, Tjokroaminoto, Unduhan

Thanks for reading Film Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015). Please share...!

0 Comment for "Film Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)"

Back To Top