Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah

Film Sejarah : Letters from Iwo Jima (2006)


Sutradara : Clint Eastwood
Penulis Naskah : Iris Yamashita
Aktor : Ken Watanabe, Kazunari Ninomiya, Tsuyoshi Ihara
Tanggal Rilis : 2 February 2007 (USA)
IMDb Rating : 7,9 / 10

Letters from Iwo Jima adalah salah satu film sejarah yang layak untuk ditonton. Film ini menceritakan tentang perrtempuran antara Amerika Serikat dan Jepang yang sedang berkonflik selama perang dunia II, yang diceritakan berdasarkan sudut pandang pihak orang Jepang yang ikut berjuang dalam pertempuran itu.

Dalam film sejarah ini banyak pelajaran dan kisah menarik yang dapat diambil. Keseruan dalam film ini dimulai ketika Jepang berusaha mempertahankan pulau Iwo Jima agar tidak diduduki Amerika. Jika hal itu terjadi maka Jepang mengkhawatirkan Amerika akan menggunakan pulau terebut untuk membangun pangkalan militernya dan akan dengan mudah menyerang Tokyo dan menggulingkan Kaisar Jepang. Pihak Jepang telah mengetahui bahwa jumlah pasukan yang mereka miliki tidak cukup untuk menghadapi Amerika Serikat dan sesuai perkiraan mereka gunung Suribachi pun berhasil dilumpuhkan oleh Amerika.   

Setelah jatuhnya gunung Suribachi ke tangan Amerika Serikat, muncul masalah di pihak Jepang. Banyak tentang Jepang mengalami degradasi keyakinan jika kemenangan tidak mungkin merekan dapatkan. Permintaan bala bantuan yang sudah mereka mintakan ke Kaisar Jepang tidak juga dipenuhi. Lantas dengan sisa tentara dan amunisi yang semakin menipis, banyak prajurit dan tentara yang melakukan bunuh diri karena pesimis menang dan memilih mati dengan hormat untuk negara. Namun Jenderal Kuribayashi tidak membenarkan hal tersebut. Ia berpikir matang dan efisien untuk mempergunakan jumlah tentara yang tersisa untuk bertempur diwilayah lain daripada melakukan bunuh diri secara sengaja seperti yang telah dilakukan komandan dan tentara lainnya.

Dalam kondisi yang sudah diambang kekalahan masalah yang diderita pihak Jepang semakin bertambah. Ketidaksepahaman Jendral Kuribayashi dan anggota perwira bawahannya pun tidak terelakkan. Jendral Kuribayashi dianggap tidak cukup kompeten dalam memimpin pertempuran di Iwo Jima dan dianggap sebagai "Simpatisan Amerika yang lemah" oleh para perwira yang menentangnya.

Di akhir cerita, Jenderal Kuribayashi memerintahkan serangan terakhir dengan semua prajurit yang tersisa, dan menugaskan Saigo untuk tinggal di garis belakang memusnahkan semua dokumen, serta mengubur sekantong penuh surat-surat yang ditulis para prajurit. Sementara itu, pasukan Kuribayashi melancarkan serangan habis-habisan hingga Kuribayashi terluka. Singkatnya, Jendral Kuribayashi akhirnya meninggal dengan menembak dirinya sendiri menggunakan pistol hadiah dari seorang temannya di Amerika.
Video Trailernya

Jika sobat tertarik untuk menonton film sejarah ini, dapat mengunduhnya pada "Link" di bawah ini :

- Link Download : Klik di sini
- Link Subtite Indonesia : Klik di sini

Salam Historia.
Labels: filmsejarahdunia, Unduhan

Thanks for reading Film Sejarah : Letters from Iwo Jima (2006). Please share...!

0 Comment for "Film Sejarah : Letters from Iwo Jima (2006)"

Back To Top