Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah

Latihan Soal Sejarah OSN SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2015

belajarasejarah.web.id - Postingan ini merupakan lanjutan dari Latihan Soal Sejarah OSN SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2014. Tingkatkan terus ketrampilan sobat dalam menjawab soal-soal OSN SMP dan selamat mengerjakan!

Latihan Soal Sejarah OSN SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2015

Latihan Soal Sejarah OSN SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2015

Petunjuk : 

(1). Tidak ada batasan waktu pengerjaan soal.
(2). Pilihlah jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia.
(3). Buka kunci jawaban dan pembahasan setelah sobat menjawab semua soal yang tersedia.


1. Urutan benda peninggalan jaman Praaksara yang benar sesuai dengan urutan waktu tertua menuju ke waktu termuda adalah ...

A. kapak perimbas-kapak lonjong- sarkofagus-nekara.
B. kapak lonjong-kapak genggam-moko-dolmen.
C. kapak bahu-kubur batu-kapak perimbas- lingga dan yoni.
D. kapak genggam-kapak bahu- kapak perimbas- kapak lonjong.

2. Masyarakat Praaksara dengan pola mata pencaharian Perundagian ditandai oleh karakter kehidupan sosial berikut ini:

A. Hidup berkelompok secara berpindah-pindah (nomaden) di padang rumput.
B. Pembagian kerja yang tidak membedakan posisi seseorang dalam kelompoknya.
C. Perkampungan dengan pola teratur di bawah pemimpin yang karismatik.
D. Meleburnya kelompok-kelompok masyarakat yang majemuk menjadi homogen.

3. Salah satu bukti adanya akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India sejak abad ke-4 Masehi adalah...

A. peninggalan Yupa di Tarumanagara yang memuat nama Kudungga.
B. menara masjid Banten berbentuk meru yang menjulang.
C. menara masjid Kudus yang bercorak Hindu.
D. dasar konstruksi punden berundak candi Borobudur.

4. Pola teknologi kapak genggam dibawa ke Indonesia oleh gelombang migrasi nenek moyang yang disebut...

A. Vedda.
B. Rig Vedda.
C. Proto-Melayu.
D. Deutero-Melayu.

5. Berikut ini adalah suku-suku bangsa Indonesia imigrasi Proto-Melayu:

A. Dayak, Nias, dan Toraja.
B. Sasak, Bali, dan Madura.
C. Jawa, Papua, dan Kubu.
D. Madura, Jawa, dan Bali.

6. Kerukunan bangsa adalah aspek yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena berdasarkan penelitian para ahli terhadap suku- suku bangsa di Indonesia yang memiliki perbedaan karakter lokal seperti bahasa dan dialek daerah, ternyata ditemukan bahwa keanekaragaman tersebut berakar dari rumpun bahasa yang sama yaitu ...

A. Austro-Asia sublinguistik Melayu-Polinesia.
B. Austronesia sublinguistik Melayu-Polinesia.
C. Melayu-Polinesia sublinguistik Austronesia.
D. Melayu -Austronesia sublinguistik Sumatra-Polinesia.

7. Setelah masa interglasial, ras Vedda di Indonesia hidup terisolasi di pedalaman terutama sebagian besar berada di ...

A. Papua Barat, Flores Barat, dan Jawa Barat.
B. Sumatra Barat, Timor Barat, dan Flores Barat.
C. Papua Barat, Flores Barat, dan Sulawesi Selatan.
D. Flores Barat, Maluku Barat, dan Seram Barat.

8. Jalur migrasi orang-orang Proto-Melayu ke wilayah Nusantara melalui jalur barat yang terjadi sekitar tahun 11000 - 2000 SM, antara lain melewati wilayah berikut ini :

A. Semenanjung Malaysia dan Kalimantan.
B. Jepang dan Papua.
C. Thailand dan Sulawesi.
D. Indochina dan Sumatra.

9. Jalur migrasi orang-orang Deutero-Melayu sebelum masuk ke wilayah Nusantara melalui jalur barat sekitar tahun 300 - 200 SM, melalui negara berikut ini :

A. Teluk Tonkin di Vietnam.
B. Assam di Thailand Utara.
C. Oc Eo di Kamboja.
D. Borocay di Filipina.

10. Nasionalisme keindonesiaan pada masa pergerakaji nasional dipicu oleh ...

A. munculnya elite terdidik.
B. menguatnya peranan partai politik.
C. bertambahnya jumlah pengusaha pribumi
D. munculnya serikat-serikat buruh.


11. Di antara tokoh-tokoh pergerakan nasional berikut, yang tidak berlatar belakang pendidikan di negeri Belanda adalah ...

A. Soekarno.
B. Moh. Hatta.
C. Sutan Sjahrir.
D. Tan Malaka.

12. Organisasi pergerakan nasional yang berdiri pada tahun 1908 yang bertujuan untuk memajukan budaya daerah dan sekaligus memajukan pendidikan dan anggotanya dari orang Jawa yaitu....

A. Boedi Oetomo.
B. Trikoro Dharmo.
C. Sarekat Islam.
D. Indische Partij.

13. Latar belakang pendirian organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI) adalah...

A. dominasi orang Cina terhadap penduduk pribumi dari pengaruh revolusi Tiongkok
B. adanya persaingan dagang yang tidak sehat orang Cina di Pulau Jawa.
C. adanya pengaruh budaya asing yang masuk ke budaya lokal secara damai.
D. ingin memajukan organisasi pergerakan Islam menjelang kemerdekaan.

14. Keragaman bahasa daerah yang melahirkan kebanggaan akan bahasa Indonesia melalui momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 menjadi fase penting dalam pembangunan nasional, karena...

A. memperkaya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.
B. menyepakati bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia.
C. mempersatukan identitas bangsa Indonesia.
D. mencegah terjadinya disintegrasi bangsa Indonesia.

15. Makna kemerdekaan sebagai modal pembangunan nasional adalah ...

A. lahirnya dwitunggal Soekarno-Hatta.
B. kemandirian dalam merencanakan masa depan bangsa.
C. terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan Inggris.
D. pengakuan kedaulatan Indonesia pada 1945 oleh Belanda.

16. Salah satu kebijakan pembangunan ekonomi Indonesia pada awal kemerdekaan (1945-1950) adalah...

A. nasionalisasi Bank Java menjadi Bank Indonesia.
B. penerapan sistem ekonomi Ali-Baba.
C. peluncuran Oeang Republik Indonesia (ORI).
D. mempertahankan tingkat inflasi.

17. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dikumandangkan merupakan sebuah langkah awal menuju pembangunan yang dicita-citakan. Maksud dari langkah awal tersebut adalah ...

A. Dengan adanya proklamasi bangsa Indonesia mempunyai kesempatan untuk membentuk sistem pemerintahan sendiri guna menyusun rancangan pembangunannya sendiri.
B. Proklamasi merupakan batu loncatan menuju kebebasan setelah mengalami ketertindasan akibat penjajahan.
C. Pembangunan yang dicita-citakan memerlukan pijakan dan landasan, oleh sebab itu proklamasi merupakan pijakan dan landasan awal.
D. Tanpa kemerdekaan pembangunan yang dicita-citakan tersebut akan menjadi hampa karena tidak adanya kebebasan.

18. Indonesia terkenal di dunia sebagai daerah penghasil rempah-rempah seperti kayu manis, lada, cengkih, kemiri, dan juga merica. Fak or yang membuat bangsa-bangsa Barat saling bersaing dan ingin memonopoli perdagangan rempah-rempah tersebut adalah....

A. rempah-rempah yang diinginkan oleh berbaga bangsa Barat itu sangat laku keras di pasaran dunia, khususnya di Eropa.
B. faktor iklim yang berbeda antara negara-negara bangsa Barat dengan Indonesia menyebabkan perbedaan jenis tanaman yang tumbuh di masing-masing daerah.
C. iklim di Indonesia memungkinkan berbagai jenis tanaman rempah-rempah yang dibutuhkan setiap hari tersebut dapat tumbuh pada setiap musimnya.
D. tanaman rempah-rempah tersebut sangat dibutuhkan oleh bangsa-bangsa Barat sebagai penghangat yang kondisi iklim daerahnya sub-tropis.

19. Pertemuan APEC di Indonesia pada tanggal 5 November 1994, membuktikan Indonesia berperan penting dalam organisasi-organisasi regional dan internasional. Salah satu peran Indonesia dalam APEC adalah ...

A. meningkatkan stabilitas dan keamanan regional dan mematuhi prinsip-prinsip Piagam PBB.
B. mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan kebudayaan bangsa Asia Tenggara.
C. menjalankan kebijakan ekonomi secara sehat dengan tingkat inflasi rendah.
D. menjaga kestabilan nilai tukar mata uang asing.

20. Pada masa awal kemerdekaan, mata uang yang berlaku setiap daerah berbeda- beda. Mata uang yang pernah berlaku di Aceh adalah ...

A. URIPS.
B. URIBA.
C. URIDAB.
D. Kampua.


21. Internationale Credit en Handelsvereeniging yang biasa disebut juga Internatio, berdiri pada....

A. tahun 1863 dan berkedudukan di Rotterdam.
B. tahun 1857 dan berkedudukan di Jakarta.
C. tahun 1863 dan berkedudukan di Jakarta.
D. tahun 1878 dan berkedudukan di Amsterdam.

22. Lembaga yang merupakan cikal bakal pegadaian sebagai lembaga keuang bank adalah...

A. Bank Van Leening yang didirikan pada jaman VOC.
B. Bank Van Leening yang didirikan oleh pemerintah Inggris.
C. De Javasche Bank yang didirikan pada masa VOC
D. De Post Poar Bank yang didirikan pada masa Hindia Belanda.

23. Sikap yang ditunjukkan oleh negara-negara Asia Afrika terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia menunjukkan adanya:

A. kerjasama antarnegara Asia-Afrika.
B. kesepakatan antarnegara Asia-Afrika.
C. solidaritas antarnegara Asia-Afrika.
D. perjanjian antarnegara Asia-Afrika.

24. Kerjasama antarnegara memiliki arti yang strategis dalam membangun diplomasi bertetangga baik. Fakta sejarah yang menjadi bukti kuat keampuhan suatu kerjasama di era Indonesia mempertahankan kemerdekaan adalah ...

A. konferensi Asia Afrika di Bandung
B. peranan Australia dalam Komisi Tujuh Negara
C. peranan India dalam mempersiapkan Konferensi Inter-Asia
D. peranan India dalam Negara Liga Arab

25. Faktor utama yang telah terbukti mendukung kemerdekaan Indonesia dan upaya mempertahankannya adalah...

A. kerjasama dengan Jepang dan Amerika Serikat
B. kerjasama dengan Malaysia dan Inggris I
C. kerjasama dengan Afrika Selatan dan Mesir
D. kerjasama dengan India dan Australia

Baca Juga : Latihan Soal Sejarah OSN SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2012



Demikian yang dapat saya bagikan kepada sobat terkait Latihan Soal Sejarah OSN SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2015. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.
Labels: latihansoal

Thanks for reading Latihan Soal Sejarah OSN SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2015. Please share...!

0 Comment for "Latihan Soal Sejarah OSN SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2015"

Back To Top