Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah

Pengertiaan Zaman Pra Aksara

Berdasarkan pembabakan masa sejarah Indonesia menurut buku babon sejarah Indonesia (7 Jilid), maka yang menempati posisi pertama adalah masa pra aksara atau dulunya dikenal dengan istilah masa pra sejarah. Lantas apa sih sebenarnya pengertian zaman pra akasara? berikut ini kami akan coba memberikan penjelasan sederhananya.

Pengertian Zaman Pra Aksara

Pengertian Zaman Pra Aksara


Praaksara berasal dari dua kata yaitu pra yang artinya sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Zaman prakasara adalah masa kehiduan manusia sebelum mengenal tulisan. Praaksara disebut juga nirleka, nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan.

Istilah pra aksara sendiri terbilang baru, karena sebelumnya untuk menyebutkn kehidupan dimana manusia belum mengenal tulisan adalah masa pra sejarah. Namun dalam perkembangannya istilah masa pra sejarah dianggap kurang tepat karena meskipun manusia pada waktu itu beum mengenal tulisan namun mereka sudah memiliki kebudayaan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ditemukan peninggalan-peninggalan peralatan yang dibuat dan digunakan oleh manusia purba. Oleh karena selanjutnya istilah zaman pra sejarah digantikan oleh zaman pra aksara.

Kemudian muncul sebuah pertanyaan, apa urgensinya atau pentingnya manusia Indonesia mempelajari kehidupan masa pra akasara, bukankah masa itu sudah sangat jauh dari masa sekarang? Ingatkah sobat dengan petuah dari Bung karno "Jangan sekali-kali melupakan sejarah". Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dan tidak melupakan asal-usul atau jati dirinya sebagai salah satu bagian dari bangsa Indonesia.

Pengaruh kebudayaan dari bangsa di luar Indonesia begitu derasny, jika kita tidak sadar akan asal-usul kita maka kita akan mudah diombang-ambingkan dan kondisi yang paling parah adalah kita kehilangan identitas kita sebagai bangsa Indonesia.

Demikian yang dapat kami sampaikan kepada sobat, semoga bermanfaat dan jangan lupa terus kunjungi blog belajarsejarah.web.id ini yah. terima kaish.

Salam Historia!
Labels: praaksara

Thanks for reading Pengertiaan Zaman Pra Aksara. Please share...!

0 Comment for "Pengertiaan Zaman Pra Aksara"

Back To Top