Blog yang berisikan materi belajar online sejarah.

Film Soegija (2012)

Film Soegija (2012) - Hai sobat sejarah seperti biasa jika saya menyapa kalian di seri film sejarah Indonesia artinya akan ada film Indonesia yang ingin saya bahas, hehe. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang film Seogija.

Sebelum mengunduh dan menonton film Seogija ini ada baiknya sobat membaca terlebih dahulu ulasan tentang sinopsisnya di bawah ini :  

Informasi singkat Film Soegija :

Sutradara: Garin Nugroho

Penulis Naskah: Aramantono, Garin Nugroho

Pemain: Nirwan Dewanto, Annisa Hertami Kusumastuti

Rilis : 7 Juni 2012

Rating IMDb : 6,2 / 10




 

Sinopsis Film Soegija


Film ini menceritakan tentang perjuangan uskup pertama yang asli indonesia bernama soegija (nirwan dewanto).

Nama lengkapnya yaitu monsinyur a. Soegijaprinata sj, kali pertama ditasbihkan menjadi uskup sekitar periode berakhirnya perang melawan belanda (1940-1949).

Seperti halnya film yang mengkisahkan tentang perjuangan pahlawan nasional maka dari itu hal yang sama juga terjadi pada soegija. Ia dengan gagah berani memperjuangkan hal-hal prinsipil yang selalu ia yakini.

Soegija beranggapan jika kemanusiaan harus selalu berada di atas segalanya. Kemanusiaan harus melampaui batas ras, agama, suku maupun negara.

Ternyata nilai-nilai yang dianut oleh soegija ditentang oleh kondisi yang terjadi pada saat itu.

Peperangan dengan mengatasnamakan penjajahan hak-hak manusia bukanlah hal baru. Ketika tentara jepang datang ke indonesia pada tahun 1994. Berbagai pertumpahan darah terjadi dimana-mana.

Baca Juga : Film Jendral Sudirman (2015)
Di lain pihak, Belanda yang telah tumbang di mata dunia ternyata tetap enggan untuk mengakui kemerdekaan indonesia. Mereka tidak rela melepas negara yang telah lama mereka jajah tersebut.

Karenanya dengan berbagai cara mereka mencoba menahan kemerdekaan indonesia. Hal tersebut membuat rakyat indonesia menjadi berang. Peperangan antara indonesia dan belanda kemudian terus dilanjutkan.

Kemudian robert (wouten zweers) yang merupakan salah satu tentara belanda yang selalu berlaku tak ubahnya mesin perang lalu merasakan rindu untuk pulang. Hal tersebut ia alami saat sedang berperang di yogya dan menemukan seorang bayi tidak berdosa di tengah peperangan tersebut.

Saat melihat bayi itu, robert menjadi rindu dengan ibunya. Ia mulai lelah dengan semua perang yang dijalani dan tidak pernah ada habisnya ini. Robert tidak ingin menghabiskan hidupnya hanya sekedar berperang.

Di lain pihak, Soegija mencoba membantu indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya. Soegija melakukannya tidak dengan cara berperang namun dengan cara diplomasi.

Baca Juga : Film Hos TJokroaminoto - Guru Bangsa (2015)
Soegija mengirimkan sebuah surat ke Vatikan agar mereka bersedia mengakui kemerdekaan indonesia. Sehingga semua yang terlibat perang dapat segera dihentikan dan tidak perlu lagi ada pertumpahan darah.

Unduh Film Seogija (2012)
Demikianlah akhir dari artikel Film Soegija (2012) yang dapat saya sampaikan kepada sobat sejarah. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.

Salam Historia.

Sumber : filmbor.com
Labels: filmsejarahindonesia, Unduhan

Thanks for reading Film Soegija (2012). Please share...!

0 Comment for "Film Soegija (2012)"

Back To Top