Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah

Cara Menggunakan Flipgrid (Via Laptop dan Handphone) Bagi Siswa

Apa itu Flipgrid? Seperti yang tertera pada website resminya, Flipgrid adalah tempat dimana perserta didik dapat berbagai ide mereka dan belajar secara bersama-sama. Flipgrid mampu menciptakan suasana diskusi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tidak heran jika hingga saat ini telah digunakan oleh guru, siswa-siswi, dan keluarga di 150 negara.


Flipgrid sangat mudah untuk digunakan baik oleh guru atau pun peserta didik di segala jenjang pendidikan dan lintas mata pelajaran apapun. Sehingga pada kesempatan kali ini saya akan berbagi panduan terkait cara menggunakan Flipgrid khususnya bagi siswa-siswi yang pertama kali menggunakan aplikasi ini, sebagai berikut :

Cara Menggunakan Flipgrid Via Laptop Bagi Siswa


  • Buka laman Flipgrid di https://flipgrid.com 
  • Silahkan masukkan kode kelas pada kotak bertuliskan "Enter a Flip Code" yang telah diberikan oleh guru sobat masing-masing. Selanjutnya klik Next (tanda panah mengarah ke kanan)
  • Jika diminta memberikan Password, maka ketikan Password sesuai yang diberikan oleh guru sobat masing-masing. Lalu klik "Let's Go!"
  •  Selanjutnya klik tombol Plus dengan tulisan "Moderated" seperti di bawah ini :
  • Kemudian jika muncul pemberitahuan penggunaan kamera laptop seperti gambar di bawah ini, maka klik "Allow" (mungkin pemberitahuan pada tiap-tiap laptop berbeda, intinya ijinkan penggunaan kamera laptop untuk merekam video pembelajaran).
  • Lalu klik tombol berwarna merah seperti contoh gambar di bawah ini, namun sebelumnya pastikan sobat sudah mempersiapkan materi yang akan dipresentasikan.

  • Proses perekaman video akan berlangsung sesuai waktu yang telah ditentukan. Jika telah selesai selanjutnya silahkan klik tanda panah ke kanan "Next"
  • Selanjutnya untuk melengkapi video yang selesai direkam maka ambil foto profil sobat, dengan klik tombol bersimbol kamera berwarna merah seperti gambar di bawah ini : 
  • Silahkan tambahkan stiker atau memberikan coretan pada foto profil yang telah diambil pada menu seperti contoh gambar di bawah ini : 
  • Selanjutnya video akan diupload ke server flipgrid dan pastikan koneksi internet sobat tidak terputus saat proses upload berlangsung.


  •  Langkah terakhir adalah menambah informasi nama sobat masing-masing, untuk kolom email dan lainnya abaikan saja. Selanjutnya klik "Submit My Video"

Cara Menggunakan Flipgrid Via Handphone Bagi Siswa


Demikian yang dapat saya bagikan kepada sobat terkait Cara Menggunakan Flipgrid (Via Laptop dan Handphone) Bagi Siswa. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam Historia!
Labels: Panduan

Thanks for reading Cara Menggunakan Flipgrid (Via Laptop dan Handphone) Bagi Siswa. Please share...!

0 Comment for "Cara Menggunakan Flipgrid (Via Laptop dan Handphone) Bagi Siswa"

Back To Top