Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah


Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan SMA Paket 2 Kurtilas Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Hai sobat belajar sejarah, postingan kali ini akan membahas latihan soal USBN sejarah peminatan SMA Paket 2 Kurtilas tahun 2022 beserta kunci jawaban. Dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal sejarah peminatan yang dibuat sesuai dengan soal aslinya dapat bermanfaat bagi sobat sejarah. Oleh karena itu, usahakan mengerjakannya dengan sebaik-baiknya. Untuk kunci jawabannya ada di akhir postingan ini.  

Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan Paket 2

SOAL PILIHAN GANDA (LATIHAN SOAL USBN SEJARAH PEMINATAN 2022)

01. Perhatikan paragraf berikut ini !

Perlawanan Diponegoro (1825 – 1830) yang terjadi di Jawa, dan Perang Padri yang terjadi di Sumatera Barat, berlangsung pada waktu yang hampir bersamaan. Kedua perlawanan tersebut juga sama-sama menentang penjajahan Belanda. Akan tetapi kedua keunikan tersendiri, baik sebab-sebab terjadinya perlawanan tersebut, maupun jalannya perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Pernyataan di atas menunjukkan bahwa peristiwa sejarah dipengaruhi oleh faktor ...

A. ruang atau tempat

B. waktu atau zaman

C. tokoh

D. kebudayaan

C. ideologi


02. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini !

(1) Sejarah memerlukan intuisi

(2) Sejarah memerlukan imajinasi

(3) Sejarah memerlukan emosi

(4) Sejarah memerlukan gaya bahasa

Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri sejarah sebagai ....

A. kenyataan

B. fakta

C. kisah

D. ilmu

E. seni


03. Peristiwa-peristiwa sejarah merupakan suatu proses yang berkesinambungan dan terus-menerus terjadi dalam kehidupan manusia selaras dengan perjalanan waktu. Hal tersebut membuktikan bahwa peristiwa sejarah itu adalah ....

A. peristiwa sejarah tidak berulang kembali

B. tidak memiliki dengan peristiwa lainnya 

C. saling terkait  dengan peristiwa lainnya

D. peristiwa sejarah seringkali berulang 

E. peristiwa sederhana menuju yang komplek


04. Perhatikan pernyataan berikut ini !

(1) dokumen

(2) arca dan relief

(3) prasasti

(4) rekaman suara dan rekaman audio-visual

(5) biografi dan otobiografi

Dari pernyataan-pernyataan di atas yang tergolong ke dalam jenis sumber sejarah tekstual adalah ....

A. (1), (2), dan (3) 

B. (1), (3), dan (5) 

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (4) 

E. (3), (4), dan  (5)


05. Tahap verifikasi dalam penelitian sejarah merupakan tahap  untuk mengkritisi sumber-sumber sejarah yang berhasil dikumpulkan. Pada tahap ini ada dua cara yaitu kritik intern dan kritik ekstern. Kedua kritik tersebut memiliki sasaran yang berbeda. Jika kritik intern berkaitan dengan isi sumber sejarah, maka kritik ekstern berkaitan dengan ....

A. hasil wawancara dengan pelaku sejarah 

B. keaslian suatu peninggalan sejarah 

C. informan mengenai peninggalan sejarah  

D. umur mengenai peninggalan sejarah

E. ketepatan menentukan umur sumber sejarah


06. Budi sedang melakukan penelitian sejarah, setelah berhasil melakukan verifikasi terhadap semua sumber yang terkumpul, maka langkah selajutnya yang dilakukan Budi adalah ....

A. melakukan kritik intern 

B. melakukan kritik ekstern

C. menafsirkan sumber sejarah 

D. menentukan topik penelitian 

E. menulis sejarah/historiografi 

 

07. Pengklasifikasian sumber sejarah dapat dilihat dari beberapa hal. Dilihat dari urutan penyampaiannya, sumber sejarah dapat dibedakan atas sumber primer, sumber sekunder, dan sumber tertier. Berikut ini yang termasuk sumber primer adalah .... 

A. karya sejarah yang ditulis sejarawan 

B. hasil wawancara dengan pelaku sejarah 

C. karya sejarah yang ditulis sejarawan asing 

D. buku paket yang digunakan siswa di sekolah 

E. peninggalan berupa prasasti tiruan (tinulat) 


08. Sejarah sebagai seni mengacu pada cara penulisan sejarah yang dilakukan oleh sejarawan sama dengan seorang sastrawan. Keduanya dipengaruhi oleh faktor ilham, imajinasi, perasaan dan gaya bahasa. Namun demikian seorang sejarawan tidak sebebas sastrawan dalam menggunakan faktor tersebut karena sejarawan mengutamakan obyektifitas sehingga dalam menghasilkan karyanya  seorang sejarawan lebih mengacu pada...

A. pandangan politik yang diyakini sejarawan tersebut

B. ketepatan dalam menggunakan data dan fakta sejarah

C. pandangan pribadi yang digunakan sejarawan

D. kebenaran yang dipesan pemerintah yang berkuasa

E. keseimbangan daya khayal dengan sumber sejarah


09. Kebudayaan Megalithikum merupakan suatu kebudayaan batu besar yang berkembang pada jaman Neolithikum dan jaman Perunggu. Bangunan-bangunan Megalithikum ditemukan bersama dengan alat-alat dari jaman Neolithikum dan paling banyak ditemukan bersama dengan alat-alat dari jaman Perunggu. Secara umum bangunan-bangunan batu besar tersebut dipergunakan oleh manusia purba sebagai sarana .... 

A. simbol kesaktian bagi masyarakatnya

B. simbol kegotongroyongan kelompoknya

C. pemujaan terhadap roh nenek moyang

D. rekreatif pada masyarakat Proto Melayu

E. mengekspresikan jiwa tentang keindahan


10. Nenek moyang bangsa Indonesia pada jaman perundagian selain memiliki ketrampilan tehnik menuang logam, juga telah mengenal ilmu astronomi. Pada masa itu ilmu astronomi dimanfaatkan untuk ....

A. kegiatan pertanian dan pelayaran

B. menentukan hari baik dan buruk

C. meramalkan kejadian masa depan

D. menentukan waktu kegiatan ritual 

E. mengumpulkan warga sekitarnya


11. Penemuan fosil manusia purba di Indonesia sebagaian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan Solo, sedangkan di luar negeri antara lain ditemukan di Eropa. Perbedaan manusia purba Indonesia dengan manusia purba di Eropa terutama berkaitan dengan ....

A. peralatan yang digunakan

B. sistem kepercayaan/religi 

C. sistem mata pencaharian

D. ciri-ciri fisik/struktur tubuh

E. tempat tinggal/hunian 


12. Manusia masa kini/modern pada dasarnya merupakan kelanjutan dari manusia purba. Secara fisik yang membedakan manusia purba dengan manusia modern terletak pada ....

A. tingkat volume otaknya

B. tingkat kebudayaannya

C. jumlah kebutuhan hidup

D. kebutuhan pendidikan

E. masalah gotong royong


13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Berada di lokasi yang strategis dekat Selat Malaka

(2) Memiliki armada laut yang tangguh

(3) Belum cukup mempunyai sumber daya alam yang bagus

(4) Mampu menjalin hubungan yang baik dengan negeri tetangga

(5) Tidak adanya saingan yang mampu menandingi kejayaan Sriwijaya

Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong kejayaan kerajaan Sriwijaya ditunjukkan dengan nomor.....

A. (1), (2), dan (3).

B. (1), (2), dan (4).

C. (2), (3), dan (4).

D. (2), (4), dan (5).

E. (3), (4), dan (5).


14. Perhatikan gambar candi-candi berikut ini!

Berdasarkan tampilkan gambar di atas, ketiga candi tersebut merupakan hasil kebudayaan dari.....

A. Kerajaan Mataram Kuno.

B. Kerajaan Medang Kamulan.

C. Kerajaan Kediri.

D. Kerajaan Singosari.

E. Kerajaan Majapahit.


15. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Perkawinan.

(2) Peperangan.

(3) Pendidikan.

(4) Perdagangan.

(5) Kesenian.

Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan saluran Islamisasi di nusantara yang paling efektif ditunjukkan oleh nomor.....

A. (1), (2), dan (3).

B. (1), (2), dan (4).

C. (2), (3), dan (4).

D. (2), (4), dan (5).

E. (3), (4), dan (5).


Kerjakan juga : Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia Tahun 2022 Paket 2


16. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Berada di daerah pedalaman.

(2) Berlokasi di daerah pesisir pantai

(3) Pemimpinnya bergelar Sultan.

(4) Hasil kebudayaan berupa Babad dan Makam.

(5) Menganut sistem sosial kasta.

Berdasarkan pernyataan di atas yang menunjukkan ciri-ciri dari kerajaan bercorak Islam di Indonesia secara umum ditunjukkan nomor....

A. (1), (2), dan (3).

B. (1), (2), dan (4).

C. (2), (3), dan (4).

D. (2), (4), dan (5).

E. (3), (4), dan (5).


17. Wilayah Indonesia yang subur dan posisinya berada di jalur perdagangan antara India dan Cina, mendorong bangsa Indonesia turut serta menjalin hubungan dagang dengan ke dua bangsa itu. Proses interaksi yang saling menguntungkan ini mendorong masuknya budaya India secara damai ke Indonesia yang berpengarauh terhadap perubahan-perubahan dalam masyarakat Indonesia, contohnya di bidang budaya yaitu .... 

A. tumbuh dan berkembangnya agama hindu dan agama budha

B. berubahnya sistem pemerintahan kesukuan ke kerajaan 

C. berkembangnya sistem perdagangan dan pelayaran

D. munculnya tradisi tulisan, seni bangunan,  dan seni sastra

E. munculnya stratifikasi dalam kehidupan masyarakat 


18. Perkembangan seni rupa pada zaman Islam menunjukkan adanya proses akulturasi (perpaduan) dengan seni rupa dengan zaman pra-Islam. Hal ini tampak pada ....

A. teknik pewarnaan yang didominasi warna hijau

B. ukiran huruf Arab pada bangunan masjid

C. pematungan beberapa hewan dan tumbuhan

D. pembuatan kaligrafi yang mirif makluk hidup

E. lukisan para wali dan tokoh-tokoh Islam 


19. Revolusi Industri melahirkan industrialisasi secara besar-besaran. Revolusi industri di Inggris telah melahirkan kapitalisme modern dan liberalisme yang mengutamakan kebebasan dalam hal bersaing dan berusaha. Paham ini berpengaruh dan berkembang di Indonesia pada masa penjajahan Belanda yaitu. ...

A. pelaksanaan sistem tanam paksa (cultuur stelsel) di Indonesia

B. di Indonesia dibuka perkebunan untuk kepentingan rakyat

C. Belanda menjalankan politik pemerasan (drainage)

D. dibukanya wilayah Indonesia untuk penanaman modal asing

E. pemerintah Belanda menjalankan monopoli perdagangan


20. Liberty, Fraternity dan Egality merupakan semboyan revolusi Perancis, dan pengaruhnya menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia melalui Belanda. Salah satu bukti adanya pengaruh revolusi Perancis di Indonesia pada saat itu adalah. ...

A. perlawanan rakyat terhadap kolonial Belanda

B. semangat mencapai cita-cita kemerdekaan

C. rakyat mulai mengenal pendidikan barat 

D. adanya perluasan daerah-daerah perkebunan 

E. munculnya semangat menjadi pegawai pemerintah


21. Perang Dunia II antara Blok Sekutu dengan Blok Sentral pada tahun 1939-1945 berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat internasional. Jika di lihat dari segi politik pengaruh perang dunia tersebut adalah .... 

A. munculnya sistem ekonomi liberalisme dan komunisme

B. muncul lembaga keamanan internasional yang berwibawa 

C. munculnya perang dingin antara blok barat dan timur 

D. dibentuk UNRA untuk membantu negara korban perang 

E. bantuan ekonomi dan militer AS ke negara berkembang 


22. Nasionalisme sebagai suatu peristiwa sejarah, selalu bersifat kontekstual (artinya meruang dan mewaktu), sehingga nasionalisme di suatu daerah dengan daerah lain atau antar zaman tidaklah sama. Bagi negara yang sudah lama merdeka dan kuat, nasionalisme dapat mengarah pada imperialisme. Sedangkan bagi negara yang belum merdeka, nasionalisme bertujuan ....

A. mempertahankan dan melestarikan budaya lokal 

B. menerapkan politik kolaboratif dengan imperialis 

C. pasrah kepada nasib yang telah ditentukan Tuhan

D. menghendaki yang perubahan dan menyeluruh 

E. mengikuti kehendak dan kemauan bengsa penjajah 


23. Paham liberalisme merupakan paham yang menghendaki adanya kebebasan individu, sebagai titik tolak dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. Dalam konteks paham ini, penerapannya di bidang politik adalah  ....

A. melahirkan pemerintahan demokrasi 

B. memperkokoh pemerintahan kerajaan

C. untuk medukung terbentuknya otoriter

D. pemerintahan kerajaan konstituasional

E. mendukung pemerintahan militerisme


24. Kemenangan Jepang atas Rusia dalam perang 1904-1905 membawa pengaruh sangat besar bagi bangsa-bangsa Asia Afrika yang pada saat itu masih dalam belenggu imperialisme. Salah satu contoh pengaruh tersebut adalah ....

A. melaksanakan politik kolaborasi dengan kaum imperialis

B. berjuang mencapai kemerdekaan melalui organisasi modern 

C. membantu kaum imperialis dan meminta hadiah kemerdekaan 

D. perjuangan dengan menggunakan peralatan militer

E. menuntut dibentuknya dewan rakyat untuk kaum pribumi 


25. Jepang berambisi untuk mengalahkan Sekutu dengan memanfaatkan rakyat Indonesia terutama para pemuda. Karena itu Jepang membentuk organisasi-organisasi yang bersifat militer dan semi-militer, seperti Heiho, Peta, Seinendan, Keibodan. Dampak positif dari pembentukan organisasi milter tersebut adalah....

A. perjuangan merebut kemerdekaan mendapat dukungan dari para pemuda

B. terbentuknya sikap mental disiplin, berani, jujur dan kerja keras para pemuda

C. para pemuda memiliki keterampilan  memberi latihan militer para prajurit jepang

D. para pemuda mendapat persenjataan sebagai modal mempertahankan kemerdekaan

E. para pemuda berhasil membantu Jepang memenangkan perang Asia Timur Raya


26. Pada tanggal 16 Agustus 1945 golongan pemuda menculik (mengamankan) Sukarno-Hatta) ke Rengsdengklok. Permasalahan yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut adalah....

A. tempat kemerdekaan itu diproklamasikan

B. siapa yang memproklamasikan kemerdekaan

C. bagaimana proklamasi itu dilakukan

D. cara dan waktu pelaksanaan kemerdekaan 

E. alasan dilaksanakanya proklamasi kemerdekaan


27. Setelah terjadi kesepakatan di Rengasdengklok, Sukarno-Hatta dan golongan pemuda bersama-sama menuju Jakarta untuk melakukan rapat koordinasi mempersiapkan rencana pelaksanaan kemerdekaan. Sebelum rapat dimulai, Sukarno dan Hatta menemui Jenderal Nishimura sebagai upaya untuk menjajagi sikap Jepang. Soekarno-Hata mengajukan pertanyaan “bagaimana kalau besuk pagi bangsaku melaksanakan kemerdekaan?”, Jenderal Nishimura menjawab “kami akan tetap mempertahankan status quo”. 

Perhatikan pernyataan berikut terkait dengan bacaan di atas!

(1) Jepang akan mempertahankan kekuasaannya sampai Sekutu datang.

(2) Jepang akan membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui Maeda

(3) Jepang tidak merelakan Indonesia melaksanakan proklamasi kemerdekaan

(4) Jepang akan mengembalikan Indonesia kepada Belanda 

(5) Jepang akan mewujudkan janji kemerdekaan kepada Indonesia

(6) Jepang akan menyerahkan kekuasaan atas Indonesia kepada Sekutu

Berdasarkan pernyataaan tersebut yang merupakan kesimpulan dari sikap Nishimura ditunjukkan pada nomor... .

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (6)

E. (4), (5), dan (6)


28. Setelah melalui perjuangan yang panjang pada akhirnya bangsa Indonesia dapat merebut kemerdekaan. Diawali oleh adanya  peristiwa Rengasdengklok yaitu peristiwa penculikan Soekarno-Hatta ke Rengasdenggklok bangsa Indonesia sepakat melaksanakan proklamasi kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus tahun 1945. Proklamasi kemerdekaan tersebut memiliki makna yang besar bagi bangsa Indonesia yaitu.... 

A. bangsa Indonesia sudah  merdeka telah mendapatkan pengakuan dunia

B. pernyataan tekat bangsa Indonesia untuk mengusir semua bangsa asing 

C. titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia dan telah berakhir

D. suatu tekat menghapus semua tata hukum kolonial di Indonesia

E. bangsa Indonesia bebas mengatur sendiri negaranya 


29. Dalam menghadapi kekuasaan kolonial di Indonesia pada masa pergerakan nasional para pejuang kemerdekaan memiliki ciri khas dalam berstrategi yang sangat membedakan dengan para pejuang dari masa sebelumnya. Pada masa Pergerakan Nasional strategi yang dikenal adalah strategi kooperatif dan non kooperatif. Ciri utama strategi non kooperatif dapat ditunjukkan dalam bentuk sikapnya terhadap institusi/lembaga kolonial yaitu....

A. institusi yang bersifat ekonomis

B. masuk menjadi anggota institusi kolonial

C. tidak bersedia masuk menjadi anggota institusi kolonial

D. mempertimbangkan sikapnya terhadap golongan pribumi

E. memilih institusi nasional yang dipimpin oleh kelompok pribumi


30. Untuk mengerahkan sumberdaya masyarakat Indonesia, pemerintah pendudukan Jepang membentuk tenaga sukarela atau Romusa.  Romusa ini memiliki peran yang sangat penting bagi Jepang karena bisa digunakan untuk.... 

A. melakukan latihan-kemiliteran

B. kegiatan propaganda mendukung Jepang

C. mengerjakan proyek-proyek strategis Jepang

D. melakukan persiapan kemerdekaan Indonesia

E. melakukan kegiatan-kegiatan sosial keagamaan


Kerjakan juga : Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia Tahun 2022 Paket 3


31. Perahatikan pernyataan berikut dengan cermat

(1) Dilakukan dalam situasi vacum of power

(2) Dilaksanakan pada hari Jumat Legi

(3) Dilaksanakan setelah umat Islam menjalankan Sholat 5 waktu

Dari pernyataan di atas dapat dikatakan bahwa proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945....

A. dilaksanakan tepat waktu

B. proklamasi tersebut harinya dipilih

C. sesuai dengan pertimbangan para sesepuh

D. dilaksanakan sesuai dengan nasehat Jepang

E. memenuhi janji pemerintah pendudukan Jepang


32. Gerakan Non Blok dibentuk dalam sebuah konferensi tingkat tinggi di Beograd (Yugoslavia). Indonesia sebagai salah satu anggota Non-Blok turut berperan aktif menciptakan perdamaian dunia yang dilakukan dengan cara ....

A. menjadi wasit terhadap pihak-pihak yang bersengketa

B. memancing pertikaian pada masa perang dingin

C. menyelesaikan persengketaan melalui perundingan

D. menghakimi pihak-pihak yang sedang bersengketa

E. memisahkan pihak-pihak yang bersengketa


33. Perhatikan penggalan teks proklamasi berikut !

“Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo waktu yang sesingkat-singkatnya”. Makna dari penggalan teks proklamasi ini adalah pemindahan kekuasaan dilakukan secepatnya agar  ....

A. memberikan ketenangan bagi bangsa Indonesia

B. tidak menimbulkan gejolak di masyarakat

C. segera memenuhi keputusan PBB

D. kedaulatan secara de jure terpenuhi

E. pengelolaan semua aset dapat dilakukan secara mandiri


34. Negara Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946. Kemudian pada tanggal 10 Juni 1947, Mesir mengakui kedaulatan negara RI secara de jure. Hal ini ditandai dengan ditanda-tanganinya secara resmi perjanjian persahabatan antara Indonesia dan Mesir. Kemudian berhubungan dengan perjanjian persahabatan tersebut, pemerintah NKRI mendirikan Kedutaan RI pertama di luar negeri. 

Faktor penyebab Mesir merupakan negara pertama yang memberikan pengakuan kedaulatan Indonesia adalah....

A. Organisasi Islam Al- Ikhwan Al-Muslimun telah memperlihatkan respon positif 

B. persamaan nasib dalam menghadapi bangsa asing yang ingin kekal berkuasa

C. ikut merasakan penderitaan dan perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka

D. mendengar informasi Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaanya

E. sebagai wujud solidaritas sama-sama sebagai bangsa Asia-Afrika


35. Pada masa perang bintang (persaingan iptek ruang angkasa) yang merupakan bagian dari perang dingin, iptek berkembang pesat. Dampak adanya perang bintang adalah .... 

A. perkembangan iptek untuk memperkuat bidang militer

B. peralatan perang dibuat dengan teknologi canggih

C. perkembangan industrialisasi di kawsan Asia-Afrika 

D. kemajuan bidang transportasi, komunikasi dan informasi

E. penggunaan nuklir untuk kepentingan persenjataan


36. Semasa menjadi anggota OPEC, Indonesia telah berperan aktif  dalam menentukan arah dan kebijakan OPEC dalam menentukan stabilisasi jumlah produksi dan harga minyak di pasar internasional. Bahkan pada tahun 2004 menteri luar negeri Indonesia dipercaya menjadi  presiden dan sekjen sementara OPEC. Tetapi pada bulan Mei 2008 Indonesia mengajukan surat untuk keluar dari OPEC pada akhir 2008, hal ini disebabkan ....

A. cadangan minyak Indonesia telah dikelola perusahaan asing

B. ketidakadilan OPEC dalam menentukan harga minyak dunia 

C. Indonesia tidak lagi menjadi negara pengekpor minyak

D. tidak mampu memenuhi quota produksi yang ditetapkan

E. terjadinya perubahan politik dalam negeri Indonesia


37. Perhatikan pernyataan dibawah ini :

(1) Berakhirnya perang dingin 

(2) Tampilnya Rusia sebagai negara adidaya 

(3) Gagalnya sistem ekonomi komunis membawa kemakmuran rakyat

(4) Semakin meluasnya negara-negara penganut faham komunis 

(5) Bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur

Kebijakan Perestroika dan Glasnots ternyata membawa dampak yang sangat besar baik bagi kehidupan dalam negeri maupun luar negeri seperti pada nomor .....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


38. Perhatikan data-data dibawah ini

(1) perpecahan antar etnis semakin menyeruak

(2) Setiap bangsa berupaya memisahkan diri

(3) Kebijakan Slobodan Milosevic hanya menguntungkan Serbia

(4) Bergabungnya negara pecahan Yugoslavia Rusia

(5) Utang luar negeri yang menumpuk

Dari data di atas yang berkaitan dengan kondisi Yugoslavia setelah meninggalnya Bros Tito ditunjukkan oleh ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


39. Perhatikan data-data di bawah ini :

(1) adanya pertemuan Dua Plus Empat

(2) meluasnya glasnot dan perestroika

(3) keinginan rakyat Jerman Barat

(4) keinginan rakyat Jerman Timur

(5) Jatuhnya pemerintahan Erich Honeker

Yang merupakan faktor dari dalam penyatuan kedua Jerman ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


40. Terdapat perbedaan reaksi dari Amerika Serikat dan sekutunya terhadap negara-negara Timur Tengah. Bila Israel melakukan pencaplokan wilayah Palestina, mereka tidak melakukan tindakan apapun. Akan tetapi ketika Irak menyerang Kuwait mereka langsung bergerak membantu Kuwait dengan alasan untuk menjaga kemanaan kawasan Timur Tengah.  Keterlibatan Amerika dan sekutunya  tersebut pada dasarnya bertujuan .... 

A. menjaga kedamaian di wilayah Teluk Persia

B. melindungi rakyat Kuwait

C. mencegah meluasnya kancah peperangan

D. melaksanakan tugas dari PBB

E. melindungi kepentingan ekonominya.


SOAL URAIAN (LATIHAN SOAL USBN SEJARAH PEMINATAN 2022)

41. Pada tahap verifikasi dalam penelitian sejarah terdiri-dari kritik intern dan kritik ekstern. Bedakan kedua macam kritik tersebut!

42. Berdasarkan artefak yang digunakan zaman praaksara dapat dibedakan zaman batu dan zaman perunggu. Untuk zaman batu dapat dibedakan lagi menjadi zaman peleolithikum, mesolithikum, neolithikum dan megalithikum. Berkaitan dengan hal tersebut, sebutkan 4 (empat) ciri kehidupan sosial-budaya masyarakat pada zaman Mesolithikum !

43. Masuknya budaya Islam ke Indonesia membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Sebutkan 4) (empat) pengaruh budaya Islam tersebut !

44. Perhatikan wacana berikut ini !

PERISTIWA RENGASDENGKLOK

Merupakan peristiwa penculikan yang dilakukan oleh para golongan pemuda antara lain Soekarni, Wikana, dan Chaerul Soleh terhadap Soekarno dan Hatta. Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat dilaksanakanya proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Akhirnya dapat didamaikan oleh Achmad Soebardjo dengan memberikan jaminan bahwa selambat-lambatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 keesokan harinya Soekarno-Hatta akan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dengan jaminan tersebut akhirnya pada tanggal 16 Agustus 1945 sore hari Soekarno-Hatta dilepas oleh para pemuda dari Rengasdengklok.

Bagaimanakah akar permasalahan terjadinya peristiwa Rengasdengklok tersebut? Jelaskan!

45. Sebutkan masing-masing 3 faktor yang menyebabkan Uni Soviet runtuh !


Demikian latihan soal USBN sejarah peminatan SMA paket 2 Kurtilas Tahun 2022 beserta kunci jawabannya yang dapat saya bagikan kepada sobat sejarah dan jangan biarkan perkembangan hasil belajar kalian berhetni sampai di sini saja. Oleh karena itu, saya sarankan untuk mengerjakan soal USBN Sejarah Peminatan 2022 paket 3.

Salam Historia!

Labels: latihansoal

Thanks for reading Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan SMA Paket 2 Kurtilas Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban. Please share...!

0 Comment for "Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan SMA Paket 2 Kurtilas Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top