Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah


Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan SMA Paket 3 Kurtilas Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban

Hai sobat belajar sejarah, postingan kali ini akan membahas latihan soal USBN sejarah peminatan SMA Paket 3 Kurtilas tahun 2022 beserta kunci jawaban. Tidak terasa kita sudah sampai pada paket 3 yah, semoga semakin menambah perbendaharaan soal sejarah peminatan USBN untuk sobar sejarah. Oke, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja sobat sejarah kerjakan dengan sebaik-baiknya. Untuk kunci jawabannya ada di akhir postingan ini.  

Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan Paket 3


SOAL PILIHAN GANDA (LATIHAN SOAL USBN SEJARAH PEMINATAN 2022)

01. Perhatikan paragraf berikut ini !

Perjuangan mencapai kemerdekaan, pada awalnya dilakukan secara fisik. Kemudian bentuk perjuangan berubah melalui organisasi-organisasi modern. Perjuangan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama. Akhirnya bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Paragraf di atas menunjukkan bahwa peristiwa sejarah dipengaruhi oleh faktor ....

A. waktu atau zaman

B. pemimpin kharismatik

C. kebudayaan

D. ideologi 

E. ruang atau tempat


02. Dalam penulisan kisah sejarah, sejarahwan harus mampu membayangkan apa yang sebenarnya terjadi pada masa lampau berdasarkan sumber-sumber sejarah yang ditemukan. Pernyataan di atas sesuai dengan salah satu ciri sejarah sebagai seni, yaitu memerlukan ....

A. emosi

B. fantasi

C. gaya bahasa

D. intuisi

E. imajinasi


03. Konsep waktu dalam mempelajari peristiwa sejarah sangat penting, tidak hanya untuk masa kini, tetapi juga untuk kepentingan masa mendatang, karena....

A. konsep waktu terdiri atas  masa lalu, masa kini, dan masa depan

B. menunjukkan perubahan dan perkembangan dalam setiap waktu

C. digunakan untuk meramalkan peristiwa di masa mendatang

D. tidak ada hubungan masa lalu dengan masa yang akan datang 

E. masa lalu kurang memberikan mafaat untuk masa sekarang 


04. Perhatikan pernyataan berikut ini !

(1) Prasasti

(2) Arca dan Relief

(3) Surat Pribadi, Catatan dan Buku Harian,

(4) Biografi dan Otobiografi

(5) Surat Kabar

Dari pernyataan-pernyataan tersebut di atas yang tergolong ke dalam jenis sumber sejarah tekstual adalah ....

A. (1), (2), (3) dan (4)

B. (1), (2), (3) dan (5)

C. (1), (2), (4) dan (5)

D. (1), (3), (4) dan (5)

E. (2), (3), (4( dan (5)


05. Budi sedang melakukan penelitian sejarah, maka Budi memerlukan sumber-sumber sejarah. Setelah Budi berhasil mengumpulkan sumber-sumber sejarah yang relevan, maka langkah selanjutnya yang harus Budi lakukan adalah .... 

A. menjaga keaslian sumber sejarah 

B. menafsirkan sumber sejarah 

C. menentukan topik penelitian 

D. menulis sejarah/historiografi 

E. memverifikasi sumber sejarah 

 

06. Tahap verifikasi dalam penelitian sejarah merupakan tahap  untuk mengkritisi sumber-sumber sejarah yang berhasil dikumpulkan. Verifikasi terdiri-dari dua cara yaitu kritik intern dan kritik ekstern. Dalam kritik ekstern terhadap peninggalan sejarah, maka yang dilakukan adalah mengkritisi atau menguji ....  

A. ketuaan suatu peninggalan sejarah

B. keaslian suatu peninggalan sejarah 

C. isi dari suatu peninggalan sejarah 

D. usia dari suatu peninggalan sejarah

E. ketepatan dalam menggunakan sumber 


07. Perhatikan tabel di bawah ini !

Dari data di atas, informasi yang benar tentang sumber benda peninggalan manusia Pra-aksara dari jaman Neolithikum dan Megalithikum ditunjukkan oleh nomor .... 

A. (1) dan (2) 

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4) 

D. (2) dan (4)

E. (3) dan (5) 


08. Sejarah sebagai seni mengacu pada cara penulisan sejarah yang dilakukan oleh sejarawan sama dengan seorang sastrawan dalam menghasilkan karyanya. Keduanya dipengaruhi oleh faktor ilham, imajinasi, perasaan dan gaya bahasa.  Namun demikian seorang sejarawan tidak sebebas sastrawan dalam menggunakan faktor tersebut karena dalam upaya mengedepankan obyektifitas, seorang sejarawan dalam menghasilkan karyanya  mengacu pada....

A. pesanan dari pemerintah yang berkuasa

B. pandangan politik yang diyakini sejarawan tersebut

C. ketepatan dalam menggunakan data dan fakta sejarah

D. keseimbangan penggunaan daya khayal dengan sumber sejarah

E. pandangan pribadi yang digunakan sejarawan


09. Perkembangan kebudayaan pada zaman neolithikum sudah lebih maju dibandingkan zaman-zaman sebelumnya. Peninggalan kebudayaan zaman neolithikum tersebar hampir di seluruh wilayah nusantara, yaitu ....

A. hidupnya di tepi  pantai mencari kerang dan cumi-cumi

B. menempati gua-gua perbukitan dan berburu binatang

C. kebudayaan kapak persegi dan kapak lonjong 

D. penemuan Kjokkenmoddinger dan Abris Sous Roche

E. belum memiliki tempat tinggal secara menetap 


10. Nenek moyang kita pada zaman praaksara telah mengenal dan menerapkan pengetahuan perbintangan (astronomi) baik dalam kegiatan pertanian maupun pelayaran. Dalam kegiatan pelayaran pada saat itu pengetahuan astronomi dimanfaatkan untuk ....

A. petunjuk arah dalam berlayar di malam hari

B. menandakan dimulainya kegiatan pelayaran 

C. sebagai penerang dalam melakukan pelayaran

D. tidak berani berlayar tanpa adanya bintang

E. bintang bertebaran menandakan banyak ikan 


11. Penemuan fosil manusia purba di Indonesia sebagaian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan Solo, sedangkan di luar negeri banyak di temukan di berbagai negara seperti Cina dan Jerman. Penemuan manusia purba tersebut meskipun tempatnya berjauhan, jika ditinjau dari hasil kebudayaan, mereka memiliki kebudayaan yang sama yaitu ....

A. hidupnya di daerah pedalaman yang jauh dari sumber air 

B. jenis manusia purba megantropus dan tempat huniannya gua

C. ras manusia modern yang awal penyebarannya dari Afrika

D. menggunakan peralatan dari kayu, tulang dan logam

E. sama-sama mengenal kebudayaan tjokken moddinger


12. Manusia masa kini/modern pada dasarnya merupakan kelanjutan dari manusia purba. Secara fisik yang membedakan manusia purba dengan manusia modern terletak pada ....

A. masalah gotong royong

B. tingkat kebudayaannya

C. jumlah kebutuhan hidup

D. kebutuhan pendidikan

E. tingkat volume otaknya


13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Terjadinya Perang Paregreg antara keluarga kerajaan

(2) Meninggalnya tokoh besar (Raja Hayam Wuruk dan Gajah Mada)

(3) Banyak daerah atau negeri bawahan yang melepaskan diri

(4) Ditaklukkan oleh kerajaan Mongol di bawah Dinasti Yuan

(5) Adanya persekutuan keluarga kerajaan dengan kerajaan asing

 Berdasarkan pernyatan di atas yang merupakan faktor pendorong runtuhnya kerajaan Majapahit ditunjukkan oleh nomor..... 

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


14. Perhatikan gambar tampilan struktur Candi Borobudur berikut ini!

Pada struktur Candi Borobudur tersebut melukiskan pahatan yang diambil dari Cerita Karmawibangga. Struktur bangunan yang berisi gambaran/lukisan relief kehidupan sebab-akibat perilaku manusia di dunia berada pada bagian....

A. Arupadhatu.

B. Stupa Berlubang.

C. Puncak Candi.

D. Kamadhatu. 

E. Rupadhatu.


15. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Mataram terbagi menjadi dua, yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kasunaan Surakarta.

(2) Pembagian Kerajaan Mataram menjadi dua terjadi tahun 1755.

 Kedua pernyataan tersebut merupakan salah satu dampak dari terjadinya peristiwa....

A. Perjanjian Salatiga

B. Perjanjian Bongaya

C. Perjanjian Giyanti

D. Perjanjian Mataram-VOC

E. Perjanjian Yogyakarya


Kerjakan juga : Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia Tahun 2022 Paket 1


16. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Atap masjid berbentuk tumpang.

(2) Terletak dekat istana atau bangunan makam.

(3) Memiliki kubah yang besar.

(4) Berbentuk bujur sangkar.

(5) Susunan atapnya selalu berjumlah genap.

 Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri dari Masjid Kuno di Nusantara ditunjukkan nomor.....

A. (1), (2), dan (3).

B. (1), (2), dan (4).

C. (2), (3), dan (4).

D. (2), (4), dan (5).

E. (3), (4), dan (5).


17. Masuknya budaya India ke Indonesia berjalan secara damai sehingga mampu memperkaya budaya bangsa kita, serta berpengaruh di berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu contoh pengaruh tersebut di bidang ekonomi adalah .... 

A. berkembangnya sistem perdagangan dan pelayaran

B. munculnya tradisi tulisan, seni patung,  dan seni sastra

C. berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu Buddha

D. muncul dan berkembangnya sistem pemerintahan kerajaan 

E. munculnya stratifikasi dalam kehidupan masyarakat 


18. Salah satu seni budaya yang telah mengakar dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat Jawa. Seni budaya awal perkembangan Islam tersebut oleh Sunan Kalijogo dijadikan sebagai media penyebaran Islam adalah .... 

A. tradisi upacara larung sesaji di laut selatan 

B. acara selamatan bersih desa  setiap 1 Syuro 

C. adanya tradisi ziarah ke makam keramat 

D. adanya tradisi upacara grebeg maulud 

E. berdoa bersama di pelataran bangunan candi 


19. Revolusi Industri melahirkan industrialisasi secara besar-besaran. Revolusi industri di Inggris telah melahirkan kapitalisme modern dan liberalisme yang mengutamakan kebebasan dalam hal bersaing dan berusaha. Paham ini berpengaruh dan berkembang di Indonesia pada masa penjajahan Belanda yaitu ....

A. sistem tanam paksa (cultuur stelsel) 

B. pelaksanaan politik balas budi

C. berkuasanya Daendles di Indonesia

D. VOC berkembang secara pesat

E. pelaksanaan liberalisasi ekonomi


20. Revolusi Bolsheviks tahun 1917, telah mengakhiri dinasti Romanov di Rusia, sekaligus mengawali berdirinya pemerintahan baru yang bersifat radikal. Pemerintahan baru berusaha untuk menyebarkan pahamnya ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu buktinya Indonesia mendapat pengaruh dari revolusi Bolsevik  tersebut adalah ....

A. organisasi pergerakan yang berfaham nasionalis

B. organisasi pergerakan yang berhaluan komunis

C. munculnya gerakan Pan Islamisme di Indonesia 

D. munculnya organisasi kepemudaan di Indonesia

E. adanya penyelenggaraan konggres pemuda I dan II 


21. Perang Dunia II (1939-1945) melibatkan sebagian besar negara-negara dunia yang terbelah menjadi dua kelompok yang saling berlawanan yaitu blok Sekutu dan blok Central. Perang dunia tersebut memiliki pengaruh di berbagai bidang kehidupan bagi masyarakat internasional. Salah satu contoh dampak peristiwa tersebut di bidang sosial adalah ....

A. lahirnya organisasi perdamaian PBB

B. tumbang kekuatan penganut naziisme

C. meningkatnya kematian dan kemiskinan 

D. melahirkan adanya perang dingin 

E. lahirnya organisasi perdamaian LBB


22. Sebagai peristiwa sejarah, nasionalisme itu bersifat kontekstual sehingga setiap negara atau zaman berbeda. Bagi negara yang sudah lama merdeka dan kuat, nasionalisme dapat mengarah pada imperialisme. Sedangkan bagi negara yang masih terbelenggu imperialisme,  biasanya nasionalisme bersifat revolusioner (berani melawan penjajah) dan secara tegas memiliki tujuan yaitu .... 

A. mendukung terwujudnya keabadian penjajahan 

B. mendukung terbentuknya negara persemakmuran

C. bekerja sama untuk memperkokoh imperialisme

D. belajar tentang pemerintahan dari negara penjajah 

E. ingin melepaskan diri sebagai bangsa yang merdeka 


23. Paham liberalisme merupakan paham yang menghendaki adanya kebebasan individu, sebagai titik tolak dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. Dalam konteks paham ini, penerapannya di bidang ekonomi adalah  ....

A. munculnya perekonomian pasar bebas 

B. memperkokoh perkeonomian terpimpin

C. untuk medukung perekonomian tertutup

D. berkembanganya perekonomian campuran 

E. memperkokoh negara mengelola ekonomi


24. Kemenangan Jepang atas Rusia dalam perang 1904-1905 membawa pengaruh yang sangat besar bagi bangsa-bangsa Asia Afrika yang pada saat itu masih dalam belenggu imperialisme. Salah satu contoh pengaruh perang tersebut adalah ....

A. perlawanan bersenjata melawan kekuatan imperialisme

B. kaum imperialis akan membentuk negara persemakmuran 

C. munculnya pergerakan kebangsaan di kawasan Asia-Asia

D. terciptanya kerja sama kaum penjajah dan kaum terjajah

E. pemantapan kolonisasi kepada bangsa-bangsa Asia-Afrika


25. Jepang berambisi untuk mengalahkan Sekutu dengan memanfaatkan rakyat Indonesia terutama para pemuda. Karena itu Jepang membentuk organisasi-organisasi yang bersifat militer dan semi-militer, seperti Haiho, Peta, Sainendan, Kaibodan. Dampak positif dari pembentukan organisasi milter tersebut adalah....

A. perjuangan merebut kemerdekaan mendapat dukungan dari para pemuda

B. terbentuknya sikap mental disiplin, berani, jujur dan kerja keras para pemuda

C. para pemuda memiliki keterampilan  memberi latihan militer para prajurit Jepang

D. para pemuda mendapat persenjataan sebagai modal mempertahankan kemerdekaan

E. pemuda berhasil membantu Jepang dalam memenangkan perang Asia Timur Raya


26. Menyerahnya Jepang di satu sisi merupakan kabar yang menggembirakan, namun di sisi lain menjadi sumber ketegangan baru di tengah-tengah kaum aktivis dan tokoh pergerakan nasional. Sumber ketegangan tersebut berkaitan perbedaan cara pandang golongan pemuda dan golongan tua tentang ....

A. siapa yang memproklamasikan kemerdekaan

B. alasan dilaksanakanya proklamasi kemerdekaan

C. bagaimana proklamasi itu dilakukan

D. cara dan waktu pelaksanaan kemerdekaan 

E. tempat kemerdekaan itu diproklamasikan


27. Setelah terjadi kesepakatan di Rengasdengklok, Sukarno-Hatta dan golongan pemuda bersama-sama menuju Jakarta untuk melakukan rapat koordinasi mempersiapkan rencana pelaksanaan kemerdekaan. Sebelum rapat dimulai, Sukarno dan Hatta menemui Jenderal Nishimura sebagai upaya untuk menjajagi sikap Jepang. Soekarno-Hata mengajukan pertanyaan “bagaimana kalau besuk pagi bangsaku melaksanakan kemerdekaan?”, Jenderal Nishimura menjawab “kami akan tetap mempertahankan status quo”. 

Perhatikan pernyataan berikut terkait dengan bacaan di atas!

(1) Jepang akan mengembalikan Indonesia kepada Belanda 

(2) Jepang akan mempertahankan kekuasaannya sampai Sekutu datang.

(3) Jepang akan membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui Maeda

(4) Jepang tidak merelakan Indonesia melaksanakan proklamasi kemerdekaan

(5) Jepang akan mewujudkan janji kemerdekaan kepada Indonesia

(6) Jepang akan menyerahkan kekuasaan atas Indonesia kepada Sekutu

Berdasarkan pernyataaan tersebut yang merupakan kesimpulan dari sikap Nishimura ditunjukkan pada nomor....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (6)

E. (4), (5), dan (6)


28. Proklamasi merupakan puncak perjuangan pergerakan bangsa Indonesia. Proklamasi bukan akhir dari perjuangan bangsa Indonesia tetapi merupakan Jembatan emas yang mengantarkan bangsa Indonesia kepada kehidupan yang bebas, maka makna  proklamasi kemerdekaan dari segi politis antara lain ....

A  menerima kemenangan Sekutu atas Jepang 

B mengungkapkan kegembiraan atas kekalahan Jepang

C menjadi syarat untuk memajukan kesejahteraan umum

D bergabung dalam Perang Asia Timur Raya

E Indonesia terbebas dari penjajahan bangsa asing


29. Sebelum abad ke – 20 corak perjuangan bangsa Indonesia melawan kekuatan asing bersifat konfrontatif sehingga sering mengalami kegagalan. Oleh karena itu, di era pergerakan nasional telah menggunakan paradigma baru dalam berjuang melawan kekuatan asing. Salah satu contohnya adalah ....

A. berjuang secara diplomatis melalui organisasi modern

B. mengonsentrasikan perlawanan pada daerah tertentu

C. mengandalkan kekuatan bersatunya kalangan buruh

D. berjuang dengan menggunakan kekuatan supra natural

E. menggantungkan perlawanan pada satu pimpinan


30. Untuk mengerahkan sumberdaya masyarakat Indonesia, pemerintah pendudukan Jepang membentuk tenaga sukarela atau Romusa.  Romusa ini memiliki peran yang sangat penting bagi Jepang karena bisa digunakan untuk.... 

A. melakukan latihan-kemiliteran

B. mengerjakan proyek-proyek strategis Jepang

C. kegiatan propaganda mendukung Jepang

D. melakukan persiapan kemerdekaan Indonesia

E. melakukan kegiatan-kegiatan sosial keagamaan


Kerjakan juga : Latihan Soal USBN Sejarah Indonesia Tahun 2022 Paket 3


31. Perhatikan gambar berikut !

Gambar di atas merupakan  ....

A. pelantikan Bung Karno  sebagai presiden

B. persiapan Pertempuran 10 November 45

C. pengumuman perjuangan Trikora

D. rapat raksasa di lapangan Ikada

E. Agresi Militer Belanda II di Jogja


32. Keikutsertaan Indonesia dalam menegakkan perdamaian dunia dilakukan dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Salah satu wujud keikutsertaan Indonesia tersebut adalah....

A. menentang penjajahan di negara-negara Afrika

B. mengirimkan pasukan Garuda ke daerah-daerah konflik internasional

C. memberikan bantuan bencana alam di berbagai belahan dunia

D. menjadi anggota Organisasi Konferensi Islam

E. menduduki Timor-Timur sebagai propinsi ke 27 RI


33. Perhatikan penggalan teks proklamasi berikut !

”Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Makna penggalan pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut bagi bangsa Indonesia adalah ....

A. masyarakat dapat mengambil alih seluruh persenjataan Jepang di Indonesia

B. saatnya membangun kehidupan baru yang merdeka, bersatu, dan berdaulat

C. Jepang telah memenuhi janji kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia

D. Indonesia segera menyusun pemerintahan dan ketatanegaraan yang baru

E. proklamasi kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia


34. Mesir merupakan negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. Pengakuan Mesir tersebut kemudian diikuti negara-negara Timur Tengah lainnya. Pengakuan kedaulatan dari negara-negara tersebut, selain merupakan keberhasilan perjuangan diplomasi Menteri Luar Negeri H Agus Salim, antara lain juga disebabkan yaitu .... 

A. banyak orang Mesir yang menetap di Indonesia 

B. balas budi pengakuan terhadap kemerdekaan Mesir

C. banyak orang Indonesia menjadi pejabat negara di Mesir

D. perekonomian Mesir ditopang dari penduduk Indonesia

E. sama-sama mayoritas penduduknya beragama Islam


35. Perkembangan iptek memungkinkan keragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia dapat tersebar ke berbagai wilayah baik dalam negeri maupun luar negeri. Berikut ini contoh peranan iptek di bidang komoditas pariwisata adalah ...

A. promosi pariwisata di Indonesia melalui media elektronik

B. mengundang wisatawan asing untuk datang ke Indonesia

C. mengadakan vestifal kesenian di pusat kota di Indonesia

D. menyusun program perjalanan wisata di seluruh Indonesia

E. memperbaiki sarana dan prasarana pariwisata Indonesia


36. Upaya untuk melindungi penyebaran ideologinya dan membendung perkembangan ideologi lawannya, masing-masing blok berlomba-lomba membentuk pakta militer. Berikut ini pakta militer blok barat di kawasan Atlantik Utara adalah ...

A. CENTO

B. SEATO

C. Pakta Warsawa 

D. ANZUS

E. NATO


37. Pada tanggal 11 Maret 1985, Mikhail Gorbachev terpilih menjadi pemimpin Uni Soviet dengan usia yang termuda. Ia melakukan langkah-langkah pembaharuan yang dikenal dengan Perestroika dan Glasnots. Namun ternyata kebijakan tersebut berakibat runtuhnya Uni Soviet, hal ini disebabkan ....

A. semakin menguatnya gerakan separatisme sebagai akibat semangat keterbukaan dan demonstrasi.

B. berbagai kebijakan selalu berkesinambungan  sehingga melahirkan hubungan yang harmonis antara eksekutif dan legislatif

C. jumlah penduduk yang terdiri dari satu suku bangsa menyebabkan adanya membentuk negara sendiri

D. kemunduran ekonomi karena keuangan Uni Soviet terlalu banyak tersedot untuk industri bersenjataan

E. banyak pengusaha yang menuntut diberi kebebasan dalam berusaha dan diakuinya hak milik perseorangan


38. Peristiwa yang menggemparkan dunia setelah Bros Tito meninggal  pada tahun 1980, adalah terjadinya “Pembantaian Sebrenika” yaitu adanya Genosida terhadap orang muslim Bosnia-Herzegovina. Adapun alasan Serbia melakukan Genosida ini adalah ....

A. melenyapkan etnis Albania dari wilayah Balkan karena menolak bergabung dengan Serbia

B. menghabisi para pembangkang Serbia karena menolak Yugoslavia baru yang didominasi etnis Serbia

C. ingin mengembalikan Serbia Raya serta berdalih melindungi warga etnis Serbia yang tinggal di Bosnia Herzegovina 

D. membersihkan Bosnia Herzegovina dari orang-orang beretnis Albania dan Islam yang tinggal di Bosnia

E. menghukum Bosnia – Herzegovina karena melepaskan diri dari Yogoslavia baru sesuai cita-cita Slobodan Milosevic


39. Perhatikan data-data di bawah ini :

(1) keinginan rakyat Jerman Barat

(2) adanya pertemuan Dua Plus Empat

(3) keinginan rakyat Jerman Timur

(4) meluasnya glasnot dan perestroika

(5) Jatuhnya pemerintahan Erich Honeker

Yang merupakan faktor dari dalam penyatuan kedua Jerman ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


40. Perhatikan pernyatan dibawah ini :

(1)  Persaingan etnis antara etnis Arab dengan etnis Persia

(2)  Pembatalan perjanjian Algiers oleh Irak

(3)  Sentimen pribadi presiden Saddam Husein terhadap Ayatulloh Khomaeni

(4)  Kekuatiran terhadap meluasnya revolusi Islam di Iran

(5)  Perbedaan faham dalam agama serta orientasi politik

Yang menjadi latar belakang terjadinya Perang Teluk I antara Irak dengan Irak  adalah ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)


SOAL URAIAN (LATIHAN SOAL USBN SEJARAH PEMINATAN 2022)

41. Pada tahap heuristik dalam penelitian sejarah dapat dilakukan dengan studi pustaka. Berkaitan dengan hal tersebut sebutkan 4 yang termasuk sumber tertulis !

42. Berdasarkan artefak yang digunakan zaman praaksara dapat dibedakan zaman batu dan zaman perunggu. Untuk zaman batu dapat dibedakan lagi menjadi zaman peleolithikum, mesolithikum, neolithikum dan megalithikum. Berkaitan dengan hal tersebut, sebutkan 4 (empat) ciri kehidupan sosial-budaya masyarakat pada zaman Neolithikum !

43. Masuknya budaya India (Hindu-Budha) ke Indonesia membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Sebutkan (4) empat pengaruh budaya India (Hindu-Budha) di Indonesia !

44. Perhatikan wacana berikut !

PERISTIWA RENGASDENGKLOK

Merupakan peristiwa penculikan yang dilakukan oleh para golongan pemuda antara lain Soekarni, Wikana, dan Chaerul Soleh terhadap Soekarno dan Hatta. Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat dilaksanakanya proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Akhirnya dapat didamaikan oleh Achmad Soebardjo dengan memberikan jaminan bahwa selambat-lambatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 keesokan harinya Soekarno-Hatta akan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dengan jaminan tersebut akhirnya pada tanggal 16 Agustus 1945 sore hari Soekarno-Hatta dilepas oleh para pemuda dari Rengasdengklok.

Bagaimanakah akar permasalahan terjadinya peristiwa Rengasdengklok tersebut? Jelaskan!

45. Kawasan Timur Tengah sejak zaman dahulu sering menjadi rebutan bangsa-bangsa di sekitarnya, bahkan sampai sekarang merupakan kawasan yang tidak pernah damai. Sejarah modern mencatat terjadi 3 (tiga) kali perang di kawasan tersebut yaitu perang teluk I ( 1980-1988), Perang Teluk II dan Perang teluk III, belum lagi masalah Palestina. Identifikasi penyebab terjadinya Perang Teluk I !


Demikian latihan soal USBN sejarah peminatan SMA paket 3 Kurtilas Tahun 2022 beserta kunci jawabannya yang dapat saya bagikan kepada sobat sejarah dan jangan biarkan perkembangan hasil belajar kalian berhenti sampai di sini saja. Oleh karena itu, saya sarankan untuk mengerjakan kembali soal USBN Sejarah Peminatan 2022 paket 1.

Salam Historia!

Labels: latihansoal

Thanks for reading Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan SMA Paket 3 Kurtilas Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban. Please share...!

0 Comment for "Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan SMA Paket 3 Kurtilas Tahun 2022 Beserta Kunci Jawaban"

Back To Top