Blog pribadi untuk mendukung proses belajar sejarah bagi Guru dan Siswa Sekolah di Indonesia. Konten Blog berisikan Informasi, Soal dan Materi Sejarah


50 Contoh Soal PPPK Guru PJOK SD Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru

www.belajarsejarah.web.id - Halo Bapak Ibu guru mata pelajaran PJOK, apakah Anda sedang mencari informasi kiat-kiat untuk bisa lulus PPPK tahun 2021? Meski saat ini sudah mencapai tahap 3 atau tahap akhir, namun jangan berkecil hati. Tetaplah yakin bahwa rejeki itu tidak akan tertukar denga milik orang lain. Namun, kita juga tidak boleh berpangku tangan agar bisa lulus. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi 50 contoh soal pppk guru pjok sd tahap 3 tahun 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mengerjakan! 

contoh soal pppk guru PJOK SD tahap 3

CONTOH SOAL PPPK KOMPETENSI TEKNIS GURU PJOK SD


1. Perhatikan gambar berikut 


Gambar menunjukkan seseorang sedang melakukan gerakan tolak peluru dengan melalui beberapa tahapan gerak Tahapan-tahapan gerak yang benar dalam melakukan tolak peluru agar memperoleh hasil tolakan yang diharapkan adalah....

a. awalan, gerakan saal menolak, sikap akhir atau gerakan lanjutan

b. persiapan, sikap menolak, saat menolak dan pandangan mata ke depan

c. konsentrasi, awalan yang baik. dan gerakan tolakan peluru

d. konsentrasi, sikap awal, gerakan saal menolak, dan gerakan lanjutan

e. awalan, langkah, dan putaran untuk menolak sekuat-kuatnya


2. Dalam gerakan senam lantai, ketika peserta didik melakukan posisi berdiri dengan satu kaki termasuk ke dalam pola gerak dasar....

a. non lokomotor

b. lokomotor

c. keseimbangan

d. manipulatif

e. psikomotor


3. Diantara aktivitas gerak di bawah ini, manakah aktivitas gerak yang dapat menunjukkan bahwa seseorang mempuyai kelincahan yang bagus?

a. Pemain bola voli dapat melakukan smash dengan arah bola menukik.

b. Pemain bola melakukan kombinasi mengoper bola dan menendang ke gawang

c. Pelari gawang melompati gawang dengan cepat

d. Pesenam melakukan gerakan sulit dengan mudah

e. Pemain basket menghindari hadangan lawan dengan cepat


4. Hubungan pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan adalah....

a. Mengembangkan kemampuan fisik untuk menguasai berbagai cabang olahraga.

b. Perubahan perilaku hidup sehat untuk tujuan kesehatan dilakukan melalui aktivitas olahraga.

c Melalalui penguasaan keterampilan olahraga didapatkan derajat kebugaran yang baik.

d. Menerapkan gaya hidup sehat untuk memberikan keteladanan kepada lingkungan sekitar.

e. Kesadaran melakukan aktivitas jasmani melalui penguasaan keterampilan olahraga.


5. Aktivitas jasmani dapat menjadi medium pergaulan sosial (social intercourse), yaitu bertemu dengan orang-orang baru dan untuk mempercepat atau mempererat hubungan yang telah ada. Berdasarkan pernyataan tersebut, penerapan dalam pendidikan jasmani adalah....

a. Mengaktifkan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler di lingkungan sekolah

b. Di akhir semester mengadakan kegiatan class meeting di sekolah

c. Mengikuti event pertandingan ataupun perlombaan antar sekolah

d. Mengadakan pertemuan rutin untuk membuat program ekstrakurikuler

e. Memberikan kesempatan bergaul seluas-luasnya kepada peserta didik


6. Pada permainan bola kasti, ketika pemain berlari sekencang-kencangnya ke tiang hinggap dan tiba-tiba berhenti. Saat berhenti tiba-tiba di tiang hinggap berlaku hukum Newton I, dengan posisi tubuh....

a. menyentuh tiang

b. terjatuh ke tanah

c. melenting

d. terdorong ke depan

e. terduduk


7. Dalam proses pembelajaran gerak lokomotor berjalan, berikut pembelajaran pola gerak dasar yang tepat dilakukan oleh guru PJOK SD....

a. Mengombinasikan macam-macam berjalan dengan langkah

b. Mendisain pembelajaran berjalan dan melangkah dengan kecepatan yang berbeda

c. Mengombinasikan arah langkah yang berbeda dengan ayunan lengan

d. Mendisain pembelajaran pola gerak langkah dan ayunan lengan

e. Mengajarkan variasi langkah dalam berjalan yang berbeda


8. Pendekatan permainan dalam pembelajaran PJOK di SD sangat dimungkinkan tercapainya tujuan pengembangan pola gerak dasar Pada permainan gobak sodor, pola gerak dominan yang dikembangkan adalah ...

a. manipulatif

b. lokomotor

c. kelincahan

d. non lokomotor

e. dinamis


9. Saat pembelajaran permainan sepak bola, tanpa sengaja ketika Adi mengginng bola menjatuhkan Ekmal yang mencoba menghadang Guru yang memimpin pertandingan segera memberhentikan permainan. Adi kemudian berlari menghampiri Ekmal dan membantunya untuk berdin. Nilai karakter yang ditunjukkan oleh peserta didik tersebut adalah...

a. Sportif

b. Tanggungjawab

c. Percaya diri

d. Kerjasama

e. Kejujuran


10. Peserta didik mengalami kelelahan setelah melakukan permainan gobak sodor dan menyebabkan rasa pegal pada otot-otot mereka. Kondisi yang demikian disebabkan karena....

a. penumpukan asam laktat di dalam otot

b. otot tidak sering dilatih

c. daya tahan tubuh tidak terlatih

d. pemanasan yang dilakukan kurang

e. keringat tidak keluar dengan sempurna


11. Pada pembelajaran lompat jauh, agar peserta didik menghasilkan lompatan sejauh-jauhnya, maka yang dilakukan peserta didik adalah....

a. melakukan tolakan sesaat setelah melakukan awalan lari sebelumnya

b. berlari sekencang-kencangnya dan melakukan tolakan dengan dua kaki

c. berian dan memastikan dapat melakukan tolakan dengan sejauh-jauhnya

d. berlari sekencang-kencangnya untuk menghasilkan tolakan yang jauh saat melompat

e. saat dekat dengan garis tolakan, kecepatan dikurangi dan bersiap untuk meloncat


12. Gerakan berian merupakan rangkaian gerak terorganisir yang membentuk pola gerak lokomotor. dimana pengalaman dan latihan memberikan sumbangan pada kematangan gerak itu sendiri. Yang dimaksud dengan gerak lokomotor adalah....

a. keterampilan yang melibatkan pengendalian terhadap objek tertentu

b. gerakan yang memerlukan dasar-dasar penyangga/tidak sama sekali/tidak berpindah tempat

c. keterampilan berpindahnya individu dari satu tempat ke tempat lain

d. keterampilan yang melibatkan gerakan menenma objek

e. keterampilan yang membutuhkan tenaga pada objek tertentu


13. Komponen-komponen kebugaran jasmani merupakan faktor penentu derajat kondisi setiap individu. Komponen-komponen tersebut dibedakan berdasarkan kelompoknya, yang berhubungan dengan kesehatan dan keterampilan Komponen kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan diantaranya adalah....

a. kekuatan

b. kordinasi

c. kecepatan

d. keseimbangan

e. kelincahan


14. Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor melalui aktivitas jasmani. Pada prinsipnya pendidikan jasmani adalah.....

a. aktivitas pendidikan yang dilakukan oleh guru untuk membina dan mengembangkan peserta didik secara terencana benjenjang dan berkelanjutan

b. aktivitas pendidikan yang dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik yang bertujuan untuk memanfaatkan waktu luang ,

c. pendidikan yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya

d. pendidikan tentang aktivitas jasmani dan keolahragaan yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga melalui permainan

e. pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional


15. Dalam aktivitas gerak berirama gerakan dapat dilakukan dengan intensitas high, low ataupun hi-low impad. Berikut adalah kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan dengan intensitas high impact....

a. chacha, marching, dan shoulder press

b. chacha, single step, dan biceps curi

c. marching. jogging, dan biceps curi

d. jumping jack, knee up, dan shoulder press

e. togging, shoulder pres, dan chacha


Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru PJOK SMP-SMA Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru


16. Permainan Hitam-Hijau yang dimainkan tanpa alat terdiri dari dua barisan, yaitu barisan A yang dinamakan Hijau dan barisan 6 yang dinamakan Hitam. Jarak antara barisan A dan B kurang lebih sejauh 2 meter dan jarak dari masing-masing barisan ke belakang kurang lebih 10 - 20 meter sebagai batas untuk lari. Berikut tujuan permainan hijau-hitam ditinjau dari aturan permainan....

a. melatih kecepatan reaksi

b. mengenal warna

c. mengembangkan jati diri

d. menerapkan tanggung jawab

e. meningkatkan disiplin


17. Pembelajaran aktivitas air umumnya disukai peserta didik SD Untuk tercapainya tujuan pembelajaran, gerak dasar aktivitas air harus dikenalkan pada peserta didik melalui berbagai macam pola gerak dasar. Berikut pola gerak dasar yang dikembangkan sebagai dasar anak belajar berenang...

a. menyelam - bernafas - mengapung

b. mengapung - menyelam - meluncur

c. mengapung - meluncur - menyelam

d. meluncur - mengapung - bernafas

e. meluncur - menyelam - bernafas


18. Pola gerak lokomotor merupakan serangkaian gerak yang terorganisir yang berkembang dan hasil tingkat kematangan tertentu Pada permainan bulutangkis, pola gerak dominan yang dikembangkan saat melakukan service pendek adalah.....

a. non lokomotor

b. lokomotor

c. manipulatif

d. refleks

e. psikomotor


19. Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan secara umum yang memanfaatkan alat fisik untuk mengembangkan keutuhan manusia. Salah satu bagian program pendidikan jasmani adalah pendidikan olahraga. Yang dimaksud pendidikan olahraga itu sendiri adalah.....

a. Proses pendidikan yang mengembangkan dan membina individu sebagai anggota masyarakat untuk mengaktifkan kegiatan olahraga di masyarakat.

b. Kegiatan olahraga yang dirancang dan dilaksanakan melalui pendidikan jasmani di sekolah untuk mengembangkan prestasi olahraga peserta didik. /

c. Bagian dari proses pendidikan untuk mengembangkan dan membina potensi jasmani dan rohani seseorang sebagai individu atau anggota masyarakat.

d. Proses pendidikan individu secara menyeluruh yang dilakukan melalui kegiatan olahraga dan bertujuan untuk memperoleh prestasi setinggi-tingginya.

e. Aktivitas jasmani yang dilakukan dalam bentuk permainan olahraga di sekolah sebagai upaya untuk mengembangkan prestasi peserta didik.


20. Aktivitas gerak berirama dapat dikuasai dengan baik jika gerak dasar langkah kaki dan ayunan lengan bergerak sesuai irama Yang merupakan gerak dasar langkah kaki pada aktivitas gerak berirama adalah....

a. butterfly

b. biceps curi

c. shoulder press

d. marching

e. shoulder up


21. Komponen-komponen kebugaran jasmani dibedakan berdasarkan kelompok yang berhubungan dengan kesehatan dan keterampilan Komponen kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan diantaranya adalah....

a. kekuatan

b. kelenturan

c. daya tahan otot

d. keseimbangan

e. komposisi tubuh


22. Salah satu program pendidikan jasmani adalah pendidikan kesehatan yang merupakan proses belajar yang memotivasi individu menjadi lebih tahu tentang kesehatan. Berdasarkan pernyataan tersebut, yang dimaksud dengan pendidikan kesehatan adalah.....

a. Perubahan individu atau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan pribadi.

b. Penerapan budaya hidup sehat individu di masyarakat untuk tujuan kesehatan.

c. Proses perubahan perilaku individu atau masyarakat untuk tujuan kesehatan.

d. Proses pembiasaan diri dalam upaya menerapkan gaya hidup bersih dan sehat

e. Perubahan diri individu dalam upaya menerapkan budaya hidup sehat.


23. Dalam upaya memperbaiki gerakan, peserta didik melakukan proses pengulangan gerak untuk menghasilkan gerak yang efisien. Fase keterampilan gerak manakah yang dilakukan oleh peserta didik tersebut?

a. otomatis

b. asosiatif

c. afektif

d. dinamis

e. kognitif


24. Pendidikan kesehatan merupakan materi yang diajarkan pada pendidikan jasmani yang masing-masing memiliki perbedaan ditinjau dari tujuan pengembangannya. Perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan ditinjau dari tujuan pengembangannya adalah....

a. Pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score, sedangkan pendidikan kesehatan menitikberatkan pada penilaian gain score untuk menilai hasil belajar anak

b. Pendidikan jasmani dirancang sebagai pemenuhan kebutuhan anak. sedangkan pendidikan kesehatan dirancang untuk mencapai intensitas kerja fisik sehingga melebihi kemampuan optimal

c. Pendidikan jasmani mengubah perilaku peserta didik secara menyeluruh sedangkan pendidikan kesehatan mengubah perilaku individu, keluarga masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku sehat untuk mewujudkan derajat kesehatan optimal

d. Pendidikan jasmani membentuk bagian tubuh tertentu sesuai dengan fungsi kecabangan yang dikembangkan secara optimal sedangkan pendidikan kesehatan tercapainya perubahan perilaku individu, keluarga, dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku hidup sehat.

e. Pendidikan jasmani membentuk bagian lubuh tertentu sesuai dengan fungsi kecabangan yang dikembangkan sedangkan pendidikan kesehatan merubah perilaku individu, keluarga, dan masyarakat untuk perilaku hidup sehat


25. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani banyak sekali adegan pembelajaran yang memerlukan diskusi terbuka yang menantang penalaran peserta didik. Kemampuan berpikir dan daya analisis dikembangkan melalui permasalahan-permasalahan yang diberikan oleh guru. Kemampuan nalar membuat keputusan memecahkan suatu permasalahan merupakan proses....

a. membuat keputusan

b. pemecahan masalah

c. berpikir kritis

d. kemampuan nalar

e. berpikir kreatif


26. Pada masa Pandemi Covid-19, ketika proses pembelajaran harus dilaksanakan di rumah saja, Puspa sebelum memulai pembelajaran selalu membantu orang tuanya membersihkan rumah. Internalisasi nilai karakter apa yang melekat pada diri Puspa?

a. disiplin diri terhadap pembelajaran

b. tanggungjawab akan kesehatan diri

c. pembiasaan hidup sehat dan aktif

d. menerapkan protokol kesehatan

e. meringankan pekerjaan orang tua


27. Assessment for learning dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Berkikut pernyataan yang tepat dalam melakukan assessment for learning adalah....

a. pendidik melibatkan peserta didik dalam proses penilaian proses

b. peserta didik dilibatkan dalam merumuskan prosedur penilian

c. pendidik dapat memberikan umpan balik terhadap proses belajar

d. pendidik memberikan penilaian hasil belajar melalui tes sumatif

e. peserta didik memiliki pengalaman belajar menilai dirinya sendiri


CONTOH SOAL PPPK PEDAGOGIK GURU PJOK SD


28. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah kemampuan....

a. mengintegrasikan diri

b. berkomunikasi

c. mengemukakan pendapat

d. berinteraksi

e. memecahkan masalah


29. Pada proses pembelajaran guling depan peserta didik salah dalam melakukan gerakan guling depan, namun peserta didik tersebut terus mencoba melakukan gerakan tersebut sampai akhirnya menemukan gerakan yang benar Nilai karakter personal apa yang dimiliki oleh peserta didik tersebut?

a. motivasi tinggi

b. tanggungjawab

c. disiplin

d. pantang menyerah

e. percaya diri


30. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar 'Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar' adalah ....

a. menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem kita

b. menyebutkan komponen-komponen ekosistem dalam kehidupan

c. membandingkan interaksi yang berlangsung dalam ekosistem

d. menyebutkan pengertian tentang ekosistem dengan jelas

e. menganalis ekosistem di lingkungan tempat peserta didik


Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Sejarah Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru


31. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya. Untuk hal ini, guru dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan....

a. menendang bola

b. memasang puzzle

c. meronce membuat kalung

d. mewarnai pola

e. menjiplak huruf


32. Pada KD "Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal', materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah....

a. hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C3

b. hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4

c. hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3

d. hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C 4

e. sudut-sudut dan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4


33. Nine events of instruction dari Gagne salah satunya adalah memberikan perhatian (gain attentiort). Yang dapat dilakukan oleh guru PJOK saat pelaksanaan pembelajaran PJOK di lapangan terbuka adalah....

a. menjelaskan tujuan pembelajaran

b. meniup peluit panjang

c. memberikan langkah pembelajaran

d. memberikan contoh

e. memberikan umpan balik


34. Pada masa Pandemi Covid-19. kelika proses pembelajaran harus dilaksanakan di rumah saja, Puspa sebelum memulai pembelajaran selalu membantu orang tuanya membersihkan rumah. Internalisasi nilai karakter apa yang melekat pada diri Puspa?

a. disiplin diri terhadap pembelajaran

b. tanggungjawab akan kesehatan diri

c. pembiasaan hidup sehat dan aktif

d. menerapkan protokol kesehatan

e. meringankan pekerjaan orang tua


35. Apabila peserta didik belum siap untuk melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi, maka strategi yangdilakukan guru adalah....

a. mengidentifikasi peserta didik baik yang sudah siap maupun yang belum siap untuk mengikuti pembelajaran dengan proses berpikir tingkat tinggi

b. mengubah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan peserta didik yang heterogen

c. membangun terlebih dahulu jembatan penghubung antara proses berpikir tingkat rendah menuju berpikir tingkat tinggi

d. membentuk kelompok peserta didik dengan kemampuan yang heterogen dalam proses pembelajaran

e. tetap melakukan kegiatan pembelajaran dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan meminta peserta didik untuk fokus


36. Hasil identifikasi bekal ajar awal peserta didik memiliki fungsi penting sebagai berikut, kecuali...

a. menyeleksi tuntutan, kemampuan serta kecendrungan peserta didik memilih program pembelajaran selanjutnya

b. menetapkan peserta didik dalam kelompok unggul yang perlu diberi bea siswa atau penghargaan lainnya

c. memilih dan menentukan metode dan media pembelajaran sesuai karakteristik eserta didik

d. memperoleh informasi lengkap dan akurat tentang kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran

e. menentukan desain program pembelajaran sesuai kemampuan awal peserta didik.


37. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah mampu ....

a. memahami permasalahan

b. memecahkan masalah

c. mengalami sebuah kejadian

d. membuat peraturan

e. memahami sebuah kejadian


38. Proses dan keberhasilan belajar peserta didik ditemukan oleh peran yang dibawakan guru selama interaksi kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kompetensi Professional guru dalam mengajar dapat dikembangkan melalui....

a. kegiatan penyusunan RPP di komunitas guru

b. pendidikan dan pelatihan model-model pembelajaran

c. workshop penyusunan bahan belajar

d. menyusun penelitian tindakan kelas

e. forum group discussion perencanaan pembelajaran


39. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Berdasarkan pengertian di atas, yang tidak termasuk dalam komponen komunikasi adalah ....

a. pesan

b. komunikator

c. saluran

d. komunikan

e. Informasi


40. Penilaian dalam dimensi belajar yang dikembangkan dalam membantu peserta didik mengembangkan perasaan yang diterima baik oleh guru maupun teman sebayanya, percaya diri dan sikap menerima orang lain di kelas adalah....

a. memperoleh dan mengintegrasikan pengetahuan

b. memperluas dan menyaring pengetahuan

c. menggunakan pengetahuan secara bermakna

d. sikap dan persepsi

e. habits of minds (perilaku berpikir)


41. Dengan komunikasi, orang tua mengajarkan arti kasih sayang, makna cinta, rasa hormat, dan rasa bangga. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari fungsi komunikasi, yaitu ....

a. Pembentukan eksistensi diri

b. menyatakan eksistensi diri

c. pembentukan konsep diri

d. memupuk hubungan

e. melangsungkan kehidupan


42. Pemanfaatan penilaian bukan sekadar mengetahui pencapaian hasil belajar, justru yang lebih penting adalah bagaimana penilaian mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Assessment as learning berfungsi sebagai formali dan dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik penilaian yang digunakan dalam assessment as learning adalah....

a. penilaian diri dan penilaian antarteman

b. penilaian antar teman dan portofolio

c. penilaian diri dan tes tulis

d. penilaian antar teman dan tes lisan

e. tes lisan dan penilaian diri


43. Tahap perkembangan motorik untuk anak usia 2 - 7 tahun terdiri dari tiga tahapan perkembangan. Tahap perkembangan gerak untuk peserta didik usia 6 - 7 tahun adalah tahap....

a. refleks

b. transisi

c. matang

d. dasar

e. pengenalan


44. Gaya belajar peserta didik dalam suatu kelas sangat beragam, ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu menggunakan ....

a. metode ceramah, diskusi, tanya jawab

b. media audio, video, dan percobaan

c. modul, buku, dan powerpoint

d. media komik pembelajaran, tanya jawab, dan buku

e. program audio, buku, dan modul


45. Pemilihan gaya mengajar menurut Mosston lebih berupa sebuah kontlnum, dengan spektrum gaya yang didasarkan pada jumlah pembuatan keputusan yang diberikan guru pada peserta didik. Ketika peserta didik menentukan kekurangan dan mencoba memperbaiki dirinya, gaya mengajar yang digunakan adalah....

a. inklusi (inclusion style)

b. berbatasan (reciprocal style)

c. menilai diri sendiri (self check style)

d. komando (command style)

e. latihan (ptactice style)


Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Sosiologi Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru


46. Perhatikan soal di bawah ini


Contoh soal tersebut berada pada level kognitif....

a. penalaran

b. analisis

c. pengetahuan

d. sintesis

e. aplikasi


47. Untuk membantu peserta didik mencapai target pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana ke materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah ke soal yang sulit. Hal itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip atau hukum perkembangan yang ....

a. dilaksanakan sesuai dengan sarana belajar

b. dapat dipercepat melalui proses belajar

c. berlangsung secara bertahap

d. berlangsung sesuai dengan iramanya

e. berawal pada diferensiasi dan berakhir pada integrasi


48. Penulisan tujuan pembelajaran yang utuh harus mengacu pada prinsip-prinsip perumusan tujuan pembelajaran. Berikut salah satu komponen tujuan pembelajaran....

a. konstruktif

b. humanis

c. nutluront effect

d. main effect

e. behavior


49. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....

a. behavioristik

b. humanistik

c. kognitivistik

d. rekonstruktivislik

e. konstruktivistik


50. Penggunaan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik perkembangan motorik peserta didik akan membantu guru mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif diajarkan pada peserta didik kelas....

a. II

b. III

c. VI

d. IV

e. V


Demikian yang dapat saya bagikan kepada bapak ibu guru yang akan berjuang kembali terkait 50 contoh soal pppk guru pjok sd tahap 3 tahun 2022. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Salam Historia!


Sumber : https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id

Labels: contoh soal pppk, latihansoal

Thanks for reading 50 Contoh Soal PPPK Guru PJOK SD Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru. Please share...!

0 Comment for "50 Contoh Soal PPPK Guru PJOK SD Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru"

Back To Top