Blog yang berisikan materi belajar online sejarah.

Jenis-Jenis Sejarah : Definisi dan Klasifikasi (Wilayah, Waktu dan Tema) Lengkap Beserta Contohnya


Sejarah secara umum dapat diartikan sebagai peristiwa yang benar-benar terjadi dalam kehidupan manusia pada masa lampau. Pengertian sejarah itu memiliki dua konsep penting yaitu “ruang” dan “waktu”. Pengertian itu juga memuat penjelasan ruang lingkup yang dibahas oleh sejarah begitu luas.



Peristiwa yang terjadi dalam kehidupan masyarakat meliputi banyak bidang, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik dll. Peristiwa itu juga terjadi dalam kurun waktu yang panjang sekali, di mulai sejak manusia belum mengenal tulisan hingga seperti sekarang ini.

Oleh karena itu dalam upaya menceritakan kembali peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau itu dibutuhkan adanya pembatasan baik dalam ruang, waktu dan tematik agar didapatkan hasil penulisan sejarah yang mendalam dan komprehensif. Istilah yang sering digunakan untuk menjelasakan batasan-batasan dalam penulisan sejarah ini disebut Jenis-jenis sejarah.

Jenis-Jenis Sejarah

Jenis-Jenis Sejarah


Sekurang-kurangnya klasifikasi atau pengelompokan dalam penulisan sejarah dapat dibagi menjadi 3 bagian sebagai berikut :

  1. Berdasarkan tempat terjadinya (wilayah)
  2. Berdasarkan waktu terjadinya
  3. Berdasarkan tema.

Berikut adalah penjelasan secara sederhana dari klasifikasi penulisan sejarah di atas :

Jenis-Jenis Sejarah Berdasarkan Wilayah


Jika dilihat dari wilayah terjadinya peristiwa dalam sejarah dapat dibagi menjadi 4 bagian sebagai berikut :

Sejarah Lokal


Sejarah Lokal adalah sejarah kelompok sosial yang berada di suatu wilayah tertentu. Batasan wilayah kajian berbeda dengan batasan wilayah secara administratif. Jawa Timur merupakan contoh batasan wilayah secara administratif dan di dalamnya terdapat banyak suku, etnis dan kelompok sosial lainnya. Sejarah pertempuran 10 November memang terjadi di wlayah Jawa Timur namun tidak bisa menjadi sejarah Jawa Timur secara keseluruhan.

Sasaran sejarah lokal adalah asal-usul pertumbuhan, perkembangan dan kejatuhan dari kelompok masyarakat lokal Ciri utama dari sejarah lokal adalah faktor kewilayahan. Dampak yang diakibatkan oleh sejarah lokal terbatas pada wilayahnya bukan secara nasional.

Sebagai contoh penulisan sejarah lokal adalah buku berjudul Tionghoa Surabaya Dalam Sepakbola karya R.N. Bayu Aji.

contoh sejarah lokal
mojokstore.com

Sejarah Nasional


Cakupan wilayah sejarah nasional lebih luas daripada sejarah lokal. Artinya dampak yang dirasakan dari peristiwa yang benar-benar terjadi meliputi politik, ekonomi, sosial maupun budaya di masa lampau meluas hingga batasan wilayah sebuah negara. Seringkali sejarah nasional dikatakan sebagai puncak dari berbagai peristiwa sejarah lokal.

Contoh penulisan sejarah nasional adalah buku "babon" yang sering digunakan dalam pembelajaran sejarah di Indonesia yaitu Sejarah Nasional Indonesia (SNI) sebanyak 6 jilid. Buku SNI ditulis oleh kumpulan sejarawan Indonesia yang dipimpin oleh Sartono Kartodirjo, Marwati Djoened Poesponegoro, dan Nugroho Notosusanto.

contoh sejarah nasional
kudo.co.id

Sejarah Regional

Regional dapat diartikan sebagai suatu kawasan yang melintasi batas-batas suatu negara namun masyarakatanya masih memiliki corak yang hampir sama. Suatu wilayah yang dapat dijadikan contohnya adalah Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Selatan dll. Berdasarkan pengertian regional tersebut dapat kita ambil suatu definisi tentang sejarah regional adalah suatu peristiwa dalam kehidupan manusia yang terjadi di masa lampau pada suatu wilayah yang melewati batas-batas suatu negara namun masih satu rumpun

Sebagai contoh penulisan sejarah regional di sini sebut saja buku karya Anthony Reid yang berjudul Asia Tenggara Dalam Kurun Niaga 1450 - 1680 sebanyak 2 jilid.

contoh sejarah regional
bukalapak.com

Sejarah Internasional (Dunia)


Sejarah dunia berbeda dengan sejarah bumi, karena sejarah sebagai peristiwa tidak termasuk sejarah terciptanya bumi (ilmu geologi). Kajian sejarah dunia meliputi peninggalan manusia seperti fosil, artefak, catatan tertulis yang ada di seluruh belahan dunia di mulai dari masa pra aksara hingga saat ini.

Sesungguhnya karya-karya sejarawan (khususnya mereka yang berasal dari Eropa) yang membahas sejarah dunia sudah banyak dipublikasikan seperti buku berjudul A Study of History yang ditulis oleh Arnold J Toynbee sebanyak 12 jilid. Buku itu membahas 21 peradaban yang ada dan pernah di dunia.

contoh sejarah dunia
Wikipedia.org

Jenis-Jenis Sejarah Berdasarkan Waktu


Selain pengelompokan sejarah berdasarkan wilayah, dikenal juga pengelompokan sejarah yang didasarkan batasan waktu (periode). Pengelompokan sejarah berdasarkan batasan waktu dapat kita ambil contohnya dalam buku sejarah nasional Indonesia :

  1. Periode Prasejarah,
  2. Periode Pengaruh Hindu-Budha, 
  3. Periode Pengaruh Islam, 
  4. Periode Kekuasaan Belanda, 
  5. Periode Pergerakan nasional, 
  6. Periode Pendudukan Jepang, 
  7. Periode Kemerdekaan, 
  8. Periode Revolusi Fisik, 
  9. Periode Orde Lama, 
  10. Periode Orde Baru, 
  11. Periode Orde Reformasi.

Sebagai patokan dalam menentukan tiap periode/zaman tersebut harus terpenuhi unsur pembeda antar batasan waktu satu dengan lainnya.

Periode Prasejarah,


Periode awal dalam masa prasejarah dimulai sejak munculnya kehidupan manusia di bumi. Masa prasejarah berakhir ketika manusia sebagai subjek sejarah telah mengenal tulisan.  Berakhirnya masa praaksara di setiap negara berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa fakto, salah satunya adalah lingkungan geografis yang berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia sendiri masa pra aksara diperkirakan berakhir sejak dibangunnya Kerajaan Salakanagara pada tahun 130 Masehi.  

Contoh penulisan masa prasejarah adalah buku karya Herimanto yang berjudul Sejarah Indonesia Masa Praaksara

contoh sejarah periode praaksara
bukalapak.com

Periode Pengaruh Hindu-Budha

Hindu-Budha mempunyai sejarah yang panjang di tanah kelahirannya, India. Diperkirakan lahir sejak 3102 SM dan dianggap agama tertua di Dunia. Pengaruh Hindu-Budha sendiri di Indonesia dapat diketahui jejaknya dari kerajaan Salakanegara yang dibangun oleh Dewawarman pada tahun 130 M. Batasan temporal berakhirnya masa Hindu-Budha ditandai dengan runtuhnya kejayaan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Budha di Nusantara dan yang paling akhir ditandai dengan jatuhnya Pajajaran, ibukota kerajaan Hindu terakhir di pulau Jawa  oleh kerajaan bercorak Islam. Masa Hindu-Budha juga dikenal sebagai masa klasik sejarah Indonesia 

Meski kejayaannya telah hilang namun pengaruh Hindu-Budha di dalam masyarakat Nusantara masih terasa dalam berbagai kegiatan khususnya ritual keagamaan. Contoh penulisan sejarah masa klasik adalah buku karangan Slamet Muljana yang berjudul Menuju Puncak Kemegahan (Sejarah Kerajaan Majapahit).

contoh sejarah periode pengaruh hindu-budha
goodreads.com

Periode Pengaruh Islam

Masa Madya sejarah indonesia sering disebut juga sebagai masa pengaruh Islam di Nusantara. Diperkirakan Islam telah masuk ke Nusantara pada abad ke-11 dibawa oleh pada pedagang dan musafir dari luar Nusantara. Sumber paling awal sebagai bukti pengaruh Islam telah melekat pada suatu wilayah di Nusantara adalah ditemukannya batu nisan bercorak Islam pada makam Fatima Binti Maimun (1082 Masehi) di desa Leran, Gresik.

Kejayaan kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Nusantara mulai runtuh sejak kedatangan kerajaan Hindia Belanda pada abad ke 17. Awalnya tujuan mereka hanya untuk berdagang sampai akhirnya menancapkan hegemoninya atas kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara melalui VOC. Sejak saat itu hampir seluruh wilayah di Nusantara dikuasai oleh Belanda.   

Contoh penulisan sejarah periode pengaruh Islam adalah karya A. Nasymy dengan judul Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia.

contoh sejarah pengaruh islam
toko-bukubekas.blogspot.co.id

Periode Kekuasaan Belanda

Sejarah masa kolonial di mulai sejak kedatangan bangsa Portugis yang dipimpin oleh Afonso De Alburqueque pada awal Juli 1511. Tujuan kedatanganya sama dengan bangsa Eropa lainnya yaitu untuk berdagang, namun pada perkembangnya terjadi perubahan menjadi penjajahan. Kejayaaan Bangsa Eropa yang paling lama di Nusantara adalah Belanda, mengalahkan Spanyol, Portugis dan Inggris.

Batasan akhir periode kekuasan Belanda di Nusantara adalah sejak kekalahan sekutu atas Jepang pada perang dunia 2 pada tahun 1942. Belanda sebagai salah satu anggota sekutu pada perang dunia 2, suka atau tidak suka wajib menyerahkan kekuasaannya kepada Jepang dan pada tanggal 8 Maret 1942 secara resmi Jepang menduduki Nusantara.

Karya Robert Van Niel yang berjudul Sistem Tanam Paksa di Jawa dapat dijadikan sebagai contoh penulisan sejarah masa kolonial.

contoh sejarah kekuasaan Belanda
toko-bukubekas.blogspot.co.id

Periode Pergerakan Nasional


Pembentukan organisasi Sarekat Islam yang di prakarsai oleh H. Samanhudi pada tahun 1905 menjadi tonggak awal masa pergerakan nasional di Indonesia. Kemudian diikuti oleh organisasi-organisasi lainnya seperti Budi Utomo pada tahun 1908.

Belanda yang merasa terusik akan adanya organisasi-organisasi pergerakan Indonesia mengambil tindakan tegas dengan menindas para pimpinan organisasi tersebut, bahkan hukuman penjara dan pengasingan sering juga diberlakukan. Periode ini berakhir sejak kedatangan Jepang di Indonesia pada tahun 1942.

Contoh penulisan sejarah pergerakan nasional adalah buku  

contoh sejarah pergerakan nasional
tokobukunasution.blogspot.co.id

Periode Pendudukan Jepang


Periode ini dimulai sejak diserahkannya kekuasaan Belanda atas Indonesia ke Jepang pada tanggal 8 Maret 1942. Organisasi maupun partai politik banyak yang dilarang oleh Jepang dan rakyat Indonesia lebih difokuskan untuk membantu Jepang mempertahankan sekaligus memenangkan perang yang sedang mereka hadapi saat itu.

Masa pendudukan Jepang di Indonesia berakhir dimulai sejak kekalahan tanpa syarat yang mereka alami dari sekutu dan secara resmi ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Buku berjudul

contoh sejarah pendudukan jepang
alfarius.wordpress.com

Periode Kemerdekaan


Salah satu bukti bahwa Indonesia telah merdeka adalah pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945. Sejak saat itu Indonesia tidak lagi menjadi bangsa yang ditindas oleh bangsa lainnya. Pada periode ini banyak diwarnai dengan upaya Indonesia menbentuk sistem dan struktur suatu negara yang berdaulat.

Akhir dari periode kemerdekaan adalah datangnya Bangsa Belanda dengan tujuan mengulang kembali masa romantismenya di Indonesia yang sering disebut sebagai agresi militer Belanda jilid I dan II. contoh buku sejarah kemerdekaan adalah karya Ahmad Subardjo yang berjudul Lahirnja Republik Indonesia.

contoh sejarah kemerdekaan
mmzrarebooks.blogspot.co.id

Periode Revolusi Fisik

Sejak kemenangan Sekutu atas Jepang tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang tidak lagi berkuasa di Indonesia dan mereka berjanji akan memberikan kekuasaan tersebut kepada sekutu. Pada awal kedatangan sekutu di Indonesia masih mendapat sambutan hangat dari Rakyat Indonesia, namun setelah diketahui rombongan terdapat pasukan Belanda yang berniat menduduki kembali Indonesia, maka dimulai masa ketegangan antara Indonesia dan Belanda.

Perundingan maupun peperangan secara fisik berlangsung sengit antara kedua negara dalam periode ini dan puncak akhirya adalah ditandatangi bersama kesepakatan damai melalui KMB (Konferensi Meja Bundar) pada tahun 1950.

Contoh penulisan sejarah periode revolusi fisik adalah buku Sejarah Revolusi Kemerdekaan (1945-1949) di DIY. 

contoh sejarah revolusi
toko-bukubekas.blogspot.co.id

Periode Orde Lama


Indonesia resmi menjadi negara bersistem parlementer sejak tahun 1949, sekaligus menjadi tonggal awal menghilangnya intervensi Belanda atas kedaulatan Indonesia. Dalm periode ini banyak diisi dengan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah seperti Demokrasi Parlementer, Demokrasi Terpimpin, Pembebasan Irian Barat, Konfrontasi Indonesia-Malaysia hingga Gerakan 30 September.

Periode ini berakhir dengan ditandatanganinya surat pernyataan penyerahan kekuasaan oleh Soekarno pada tanggal 20 Februari 1967. Hal ini juga menamdakan berakhirnya kekuasaan Soekarno di Indonesia.

Contoh penulisan sejarah mas Orde lama adalah karya Herbert Feith dengan judul Soekarno Militer dalam Demokrasi Terpimpin.

whatteenagersneed.blogspot.co.id

Periode Orde Baru


Pada masa Orde Baru, Soeharto dan pemerintahanya menjadi objek yang sangat dominan dalam penulisan sejarah Indonesia. Berbagai kebijakan dalam maupun luar ngeru baru yang diterbitkan oleh Soeharto menggantikan kebijakan pada masa Orde Lama. Peristiwa menarik lainnya juga terjadi pada periode ini yaitu krisis Timor Timur yang ingin merdeka dari kedaulatan NKRI. Kemudian krisis ekonomi yang mendera hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia yang melatarbelakangi demonstrasi besar-besaran oleh Rakyat Indonesia.

Akhir dari periode Orde Baru adalah mundurnya Soehato sebagai presiden Indonesia pada tanggal 21 Mei 1998. Salah satu Buku yang mengulas sejarah pada rentang waktu 1967 - 1998 adalah Pers di Masa Orde Baru karya David T. Hill.   

contoh sejarah orde baru
kineruku.com


Periode Orde Reformasi


Masa setelah Orde Baru ini lebih dikenal dengan sebutan Masa Reformasi. Sejak lengsernya Soeharto dari kursi presiden Indonesia terhitung ada 5 kali pergantian presiden Indonesia. Dimulai dari masa :

  1. Presiden Habibie (1998-1999), 
  2. Presiden KH. Abdurrahman Wahid (1999-2001), 
  3. Presiden Megawati (2001-2004), 
  4. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014), 
  5. Presiden Joko Widodo (2014-2019).

5 kali pergantian presiden beserta pemerintahan Indonesia inilah yang menjadi fokus objek penulisan sejarah untuk rentang waktu 1998 hingga saat ini. Contoh penulisan sejarah pada masa Reformasi adalah Sejarah Indonesia (dari Proklamasi Sampai Orde Reformasi) karya Ketut Sedana Arta dan I Ketut Margi. 

contoh sejarah reformasi
library.usd.ac.id
  

Jenis-jenis sejarah berdasarkan tema


Selanjutnya jika dilihat dari ruang lingkupnya terutama klasifikasi sejarah secara tematik, sejarah memiliki cakupan yang luas. Sjamsuddin (1996) mengelompokan sejarah tematik menjadi dua belas jenis sebagai berikut : 

Sejarah Sosial


Trevelyn melalui bukunya berjudul English Social History, A Survey of Six Centuries memberikan definisi sejarah sosial yang banyak menjadi rujukan :

sejarah sosial adalah sejarah tanpa nuansa politik

Pada awalnya penulisan sejarah sosial muncul untuk mengimbangi gencarnya tulisan sejarah politik yang sering mengkesampingkan peran masyarakat dalam sejarah di kalangan sejarawan Eropa.

Kajian atau batasan pembahasan dalam sejarah sosial dapat disimak dari pendapat para ahli sebagai berikut : 

Robert J Bezucha (1972), mengartikan sejarah sosial itu sejarah budaya yang mengkaji kehidupan sehari anggota-anggota masyarakat dari lapisan yang berbeda-beda dan periode yang berbeda-beda.

Hobsbawm (1972), menyebut sejarah sosial mengkaji sejarah dari orang-orang miskin atau kelas bawah; gerakan-gerakan sosial; berbagai kegiatan manusia sebagai tingkah laku; adat istiadat, kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh penulisan sejarah sosial adalah disertasi Sartono Kartodirjo yang berjudul Pemberontakan Petani Banten 1888.

contoh sejarah sosial
goodreads.com

Sejarah Ekonomi


Awal kemunculan sejarah ekonomi dimulai dari terbitnya buku yang berjudul Wealth of Nations karangan Adam Smith. Pada abad ke-19 Sejarah ekonomi berkembang pesat sejak munculnya konsepsi sejarah material dari Karl Marx. Selanjutnya pada abad ke-20 masehi terbentuk dua aliran dalam sejarah ekonomi yaitu aliran sejarah ekonomi tradisional dan sejarah ekonomi baru (cliometries). Perbedaan keduanya terletak pada kajiannya. aliran tradisional lebih menyeluruh, sedangkan cliometries hanya memfokuskan kajiannya pada persoalan ekonomi saja. Namun pada perkembangannya keduanya saling melengkapi atau bersifat komplementer.


Kajian sejarah ekonomi berkaitan dengan kegiatan-kegiatan masyarakat dalam bidang ekonomi di masa lalu dari yang paling sederhana hingga kompleks seperti upaya memenuhi kebutuhan hidup pada masa pra aksara sampai manajemen perekonomian suatu negara. Contoh penulisan sejarah ekonomi adalah karya J. Thomas Linbald yang berjudul Sejarah Ekonomi Modern Indonesia (Berbagai Tantang Baru).

contoh sejarah ekonomi
bukukomunitasbambu.com

Sejarah Kebudayaan


Sesungguhnya sulit untuk memberikan definisi sejarah kebudayaan. hal ini dikarenakan pengertian kebudayaan sendiri yang begitu luas.simak pendapat para ahli di bawah ini :

Sartono Kartodirdjo (1992), mengemukakan semua perwujudan baik yang berupa struktur maupun proses dari kegiatan manusia dalam dimensi ideasional, etis, dan estetis, adalah kebudayaan.

Sjamsuddin (1996) yang mengemukakan. Semua bentuk manifestasi keberadaan manusia berupa bukti atau saksi seperti artifact (fakta benda), menifact (fakta mental-kejivvaan) dan socifact (fakta atau hubungan sosial), termasuk dalam kebudayaan.

Kajian sejarah kebudayaan terbagi menjadi dua : kebudayaan tinggi dan kebudayan popular. Namun di antara keduanya, kebudayaan popularlah yang sering digunakan dalam sejarah kebudayaan. Contoh karya anak bangsa dalam bidang sejarah kebudayaan yaitu buku berjudul sejarah kebudayaan Indonesia karya Soekmono.

contoh sejarah kebudayaan
bukalapak.com

Sejarah Demografi


Sejarah demografi dapat diartikan sebagai jenis penulisan sejarah yang mengangkat tema tentang tulisan atau gambaran tentang penduduk. Di dalamnya melingkupi data kependudukan (jumlah kelahiran dan kematian, dampak suatu industrialisasi terhadap masyarakat) dalam suatu wilayah biasanya negara.

Di Eropa kemunculan sejarah demografi diprakarsai oleh John Graunt melalui bukunya yang berjudul Natural and Poltticat Observations Made Upon the Bills Mortality pada tahun 1662. Jauh sebelum buku itu diterbitkan sebenarnya penulisan sejarah demografi telah banyak dilakukan seperti pada masa kerajaan Mesir Kuno, Persia, Ibrani, Jepang kuno dan Yunani Kuno. Namun karena pemanfaatan data kependudukan terbatas pada lingkungan kerajaan membuat sejarah demografi kurang diminati.

Salah satu contoh karya sejarah demografi oleh anak bangsa adalah buku Mencari Indonesia - Demografi Politik Pasca Soeharto oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

contoh sejarah demografi
baladapustaka.com

Sejarah Politik


Sejak lahirnya ilmu sejarah, politik dalam penulisan sejarah sering mendapat porsi yang sangat besar. Hal ini ditunjukkan dari sumber-sumber sejarah seperti prasasti, seringkali hanya menceritakan tentang raja dan kerajaan yang dipimpinnya. Muncul anggapan bahwa penggerak jalannya sejarah pada masa lampau berputar pada segelintir tokoh penting dan sejarah diasosiakan terbatas sebagai kekuasaan saja. Akhirnya sejarah terkurung dalam determinisme historis sesuai yang dikatakan Sartono Kartodirdjo.

Dalam perkembangnya sejarah politik banyak mendapat kritikan hingga lahirlah konsep baru dalam penulisan sejarah politik atau yang lebih dikenal dengan istilah "sejarah politik gaya baru". eksplanasinya lebih luas dan mendalam dan tidak terjebak dalam determinisme historis.

Kajiannya diperluas meliputi struktur kekuasaan, kepemimpinan, para elit, otoritas, budaya politik, proses mobilisasi, jaringan-jaringan politik dalam hubungannya dengan sistem dan proses-proses sosial, ekonomi dan sebagainya.

Contoh penulisan sejarah politik adalah karya Fatahullah Jurdi yang berjudul Sejarah Politik Indonesia Modern.

contoh sejarah politik
bukalapak.com

Sejarah Kebudayaan Rakyat


Tipis sekali perbedaan antara sejarah kebudayaan dengan sejarah kebudayaan rakyat. Secara toeritis akan sulit membedakan kebudayaan elit dan kebudayaan rakyat, Namun tetap dapat dibedakan melalui praktiknya. sejarah kebudayaan rakyat tidak membahas dalam tataran "sejarah makro" maupun tingkat nasional.

Richards maupun Smith (1988) menjelaskan "rakyat" atau popular adalah kebudayaan kelompok-kelompok dan kelas-kelas yang terpuruk, dikuasai, dan diperintah (subordinasi)

Contoh penulisan sejarah kebudayaan rakyat adalah Menjadi Jawa : Orang-orang Tionghoa dalam Kebudayaan Jawa karya Rustopo.

contoh sejarah kebudayaan rakyat
bukukomunitasbambu.com

Sejarah Intelektual


Sejarah intelektual sering disebut juga sebagai sejarah pemikiran. Kajia utamanya berkisar pada pemikiran manusia. Perbedaannya dengan sejarah filsafat terletak pada kajiannya yang terbatas pada pemikiran manusia yang bersifat umum dan sederhana seperti gagasan-gasan politik, sosial, ekonomi, pendidikan, kebudayaan dll dan yang harus diperhatikan juga adalah dampak gagasan tersebut pada perkembangan masyarakat disekitarnya.

Buku berjudul Sukarno Muda, Biografi Pemikiran 1926-1933 karya Peter Kasenda dapat dijadikan contoh penulisan sejarah intelektual di Indonesia.

contoh sejarah intelektual
bukalapak.com

Sejarah Keluarga


Semakin diminatinya jenis penulisan sejarah ekonomi dan sejarah sosial di kalangan sejarawan Eropa memberikan ruang bagi sejarah keluarga untuk lahir dan berkembang. Hal dilatarbelakagi oleh upaya para sejarawan untuk mengungkap fenomena-fenomena dalam sejarah dengan pendekatan multidimensional melalui sumber-sumber sejar seperti dokumne, catatan kasus pengadilan, sejarah nama keluarga, naskah perjanjian dll. Sumbangsinh berharga para sejarawan Anderson dalam penulisan sejarah keluarga adalah dipublikasikannya buku berjudul the History of the Western Family 1500-1914 pada tahun 1980. Melalui buku itu kita dapat mengetahui bahwa ada 4 pendekatan yang dapat digunakan untuk mengkaji sejarah keluarga :

  1. Psikohistori, 
  2. Demografi, 
  3. Sentimen keluarga, 
  4. Ekonomi rumah tangga.

Sebagai contoh penulisan sejarah keluargara adalah buku karya Dr. John Coleman yang berjudul Rothschild Dynasty - Mengungkap Garis Keturunan Zionis dan Strategi Nenek Moyang Mereka Dalam Mengendalikan Dunia.

contoh sejarah keluarga
geraibukuonline.com

Sejarah Etnis


Sejak tahun 1940 sejarah etnis mulai digunakan sebagai varian baru dalam penulisan sejarah oleh paara ahli antropologi, arkeologi, maupun sejarawan. Ruang lingkup sejarah etnis mencakup kajian yang meliputi aspek : sosial, ekonomi, kebudayaan, kepercayaan-kepercayaan masyarakat, interaksi-interaksi dalam lingkungan masyarakat/ kelompok, kekerabatan, perubahan-perubahan sosial-budaya, migrasi, dan sebagainya. Penyusunan sejarah etnis harus dilakukan dengan hati-hati, diperlukan pendekatan interdisipliner guna mengungkap secara menyeluruh dari berbagai aspek kehidupan.
Contoh penulisan sejarah etnis adalah karya Dr, Budi Agustono dkk yang berjudul Sejarah Etnis Simalungun.

contoh sejarah etnis
simanungkalitoke.blogspot.co.id

Sejarah Psikologi dan Psikologi Histori


Peter Burke melalui bukunya yang berjudul History and Social Theory menyebutkan bahwa peranan psikologi kurang mendapat perhatian dalam historiografi. Alasannya banyak yang menyandarkan pada relasi psikologi dan sejarah.

Penggunaan teori dalam ilmu psikologi dalam penulisan sejarah merupakan suatu pendekatan yang jarang sekali digunakan khususnya di Indonesia, namun sumbangsih teori psikologi dapat membantu sejarawan untuk mengungkapkan peristiwa sejarah dari segi multidimensi.

Contoh penulisan sejarah psikologi adalah buku berjudul Sejarah Psikologi (Dari Masa Kelahiran Sampai Masa Modern) karya Geroge Boeree.

contoh sejarah psikologi
khatulistiwa.net


Sejarah Pendidikan


Usia sejarah pendidikan sesungguhnya sama tuanya dengan sejarah pada umumnya. Hal ini disebabkan esensi pendidikan sangatlah luas sebagai transmisi kebudayaan.

Kajian sejarah pendidikan juga sangat luas yang menyangkut pemikiran, sistem, hubungan dengan perubahan sosial dalam aspek pendidikan. Sedangkan untuk pendekatan dalam penulisan sejarah pendidikan sama seperti historiografi pada umumnya yaitu diakronik dan sinkronik.

Contoh penulisan sejarah pendidikan adalah karya Muhammad Rifa'i yang berjudul Sejarah Pendidikan Nasional (Dari Masa Klasik Hingga Modern).

contoh sejarah pendidikan
dutailmu.co.id

Sejarah Medis


Latar belakang lahirnya sejarah medis adalah kesadaran di kalangan para dokter akan pentingnya pemahaman tradisi-tradisi pengobatan yang berbeda pada masa lalu. Sejak abad ke 18, sejarah medis mulai ditekuni oleh para dokter sebut saja John Friend dan Kurt Sprengel.

Perkembangan pesat terjadi pada tahun 1960 dimana sejarah medis tidak hanya diminati oleh para dokter tetapi mereka yang tertarik padanya seperti ilmuwan di bidang sejarah, ekonomi demografi sejarah, sosiologi dna antropologi. Kajian sejarah medis seputar kedoteran tropis, peranan kesehatan kaum wanita, penangana medis dalam suatu masyarakat untuk kurun waktu tertentu di masa lampau.

Contoh penulisan sejarah medis yaitu buku berjudul Penyakit Kelamin di Jawa 1812-1942 karya Gani A. Jaelani.

contoh sejarah medis
cemaragunung.blogspot.co.id

Demikianlah yang dapat saya bagikan kepada sobat terkait jenis-jenis sejarah. Melalui pembagian sejarah berdasarkan wilayah, waktu, maupun tema akan membantu kita untuk mendapatkan pemahaman tentang suatu peristiwa sejarah. Terima kasih atas kunjungannya, sampai berjumpa lagi pada tulisan-tulisan saya lainnya.

Salam Historia.
Labels: ilmusejarah

Thanks for reading Jenis-Jenis Sejarah : Definisi dan Klasifikasi (Wilayah, Waktu dan Tema) Lengkap Beserta Contohnya. Please share...!

0 Comment for "Jenis-Jenis Sejarah : Definisi dan Klasifikasi (Wilayah, Waktu dan Tema) Lengkap Beserta Contohnya"

Back To Top